Bandung, 2 April 2019 – Wajah Guntur Sakti terus sumringah saat menghadiri ajang Public Relations Indonesia Awar (PRIA) 2019 akhir Maret kemarin. Musababnya karena Kementerian Pariwisata tempat dia mengabdikan dirinya sekarang ini meraih 5 penghargaan sekaligus dalam acara yang diselenggarakan oleh PR INDONESIA ini.
Dengan presetasi tersebut tentu saja membuat Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar ini semakin bangga, karena jerih payah timnya diakui oleh lembaga ekstenal seperti PR Indosia. Lalu kategori apa saja yang diraih Kemenpar ? menurut rilis yang diterima oleh redaksi infobisnis, kategori yang berhasil dimenangkan Kemenpar yaitu pemenang Silver kategori Media Cetak (Ragam Pesona Kementerian Pariwisata Edisi III Oktober-Desember 2018), pemenang Gold kategori E-Magazine (Pesona Kementerian Pariwisata Edisi II 2018), pemenang Silver kategori Media Sosial (Kementerian Pariwisata), pemenang Gold kategori SOP Pra Krisis Kementerian Pariwisata, dan pemenang sebagai Kementerian Terpopuler di Media 2018
Kategori Kementerian Terpopuler di Media ini dinilai berdasarkan hasil monitoring terhadap lembaga, kementerian, dan korporasi yang memiliki eksposur tertinggi selama setahun terakhir di lebih dari 150 media cetak se-Indonesia menggunakan media portal iSentia.
Guntur mengatakan penghargaan tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri sekaligus apresiasi bagi peran dan kinerja Kemenpar. “Ini kemenangan bersama hasil kerja keras seluruh tim redaksi yang selalu berusaha menghasilkan produk informasi terbaik,” kata usai menerima penghargaan PRIA 2019, di Bandung Kamis (28/3) lalu.
Menurut Guntur, di era serba digital saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan informasi yang cepat tapi juga harus benar dengan dilengkapi data pendukung. Parameternya dinilai dari konsep 3C yang sering diusung Menteri Pariwisata Arief Yahya yaitu Calibration, Confidence dan Credibility. “Dengan penghargaan ini kami berharap kredibilitas Kementerian Pariwisata akan semakin diakui masyarakat dalam penyebaran informasi yang terpercaya,” katanya.
Sekedar informasi saja, PR INDONESIA merupakan penyelenggara beragam aktivitas terkait dunia kehumasan. Mulai dari reguler Public & Inhouse Training PR, PR Meet Up, serta PR Indonesia Outlook, PR Summit & Conference, dan Awards. PRIA mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi atau organisasi. Hermawan