Infobisnis.id – Dalam membangun usaha tentunya ada beberap anak tangga yang harus dilalui. Nah, sebagian besar orang, banyak yang langsung melompat-lompat dalam merintis usahanya.
Tak jarang usaha pada akhirnya gagal atau tidak sesuai dengan target. Tangga pertama yaitu membidik pasar potensial.
Lalu bagaimana bila kita ingin sukses dalam membangun usaha pribadi? Founder Yukbisnis.com Jaya Setiabudi berbagi tips dalam membangun usaha.
Menurutnya ada beberap hal yang harus dicermati. Pertama yakni cermati siapa yang kerap makan di tempat usaha anda.
Selanjutnya berasal dari kalangan mana, perkantoran atau kampus. Itu yang harus diamati. Kemudian sajikan produk yang “ngangenin”.
Dalam hal ini, bisa dilakukan uji coba produk kepada target pasar selama 3 bulan.
“Jangan lupa juga, setiap produk punya kelebihan, juga punya kekurangan. Pelajari juga kekurangan dan jangan enggan menyampaikannya,” kata dia.
Dia memberi saran, saluran distribusi yang tepat bagi UKM yaitu melakukan distribusi melalui saluran promosi. Cara ini dinilai lebih efisien.
“Karena untuk UKM berbeda dengan perusahaan atau international company ya. Kalau UKM itu menyatu dengan saluran distribusi supaya low budget and high impact,” katanya.
Menurutnya, ada beberapa saluran promosi yang bisa sekalian sebagai saluran distribusi, seperti dropshipper, reseller maupun franchise.
Dalam menentukan saluran promosi, kata dia, tentu saja harus mampu mengidentifikasi siapa target pasar atau calon konsumen kita.
“Siapa target pasar kita? Mereka biasa berkumpul di mana? Dan ini, bagaimana mereka mengonsumsi produk?” kata pria yang juga penulis buku ‘Buka Langsung Laris’ ini.
Semakin banyak saluran distribusi, kata dia, maka akan semakin efisien produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Namun, akan semakin besar biayanya.
Dia pun menekankan untuk kelas UKM agar menyiasati saluran distribusi melalui saluran promosi.