Info Bisnis id
No Result
View All Result
Friday, July 4, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home tips

Inilah Resep Jualan Digital Agar Laku

by Hermawan
July 23, 2021
0
Inilah Bedanya e-commerce dan marketplace

Online Shop

167
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Berbisnis di dunia digital memang menjanjikan jangkauan lebih luas dengan beragam konsumen. Namun, di ruang digital harus memiliki strategi khusus dalam promosi di media sosial yang terkadang berubah-ubah mengikuti tren.

Ryzki Hawadi, praktisi komunikasi digital menyebut ada rumus jualan digital. Tahapannya ada Hook, Story dan Offer.

Dalam tahapan hook misalnya, kita buat thumbnail untuk YouTube, kata-kata atau slogan yang membuat orang ingin mengklik atau disebut juga clickbait. Instagram itu sama membuat narasi unik membuat follower penasaran untuk digeser.

“Jika membuat konten video ingat three second rule bagaimana membuat 3 detik pertama supaya membuat orang tertarik untuk menonton video ini sampai habis,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Karawang Jawa Barat, Rabu (21/7/2021).

Lalu diperkuat dengan adanya cerita yang menjelaskan mengenai masalah entah background, sesuatu yang memotivasi. Terakhir offer atau langsung melakukan penawaran. Call to action dengan kata-kata seperti, “Subscribe sekarang juga”, atau “Follow kami di .., “Beli produk kita”, “Klik link di bawah ini”, “Jangan sampai menyesal, segera hubungi kami..”, “Dapatkan harga promo hanya ..”.

Tahun 2021, Instagram menjadi terfokus pada creators, video dan messaging. Dalam arti explore akan lebih banyak keluar video walaupun masih ada juga foto berupa poster-poster. Sementara, algoritma di Instagram yang biasa dimanfaatkan untuk jualan online. Dulu teorinya ialah buat konten untuk promo posting tiga kali sehari lalu dengan hastag dan juga dengan berbayar iklan.

“Namun menurut saya sekarang berubah yang terpenting adalah engagement. Bagaimana komunikasi dua arah dengan customer. Interaksi antara followers dengan brand atau produk itu kuat atau tidak. Kedekatan itu akan menentukan mereka akan membeli atau menggunakan produk tersebut atau tidak,” ungkapnya

Di dalam membuat konten apa saja formula jitu agar berkesan di hati follower dan pelanggan.

  1. Dialog melalui question box tanya pendapat atau apapun yang memicu kedekatan antara followers dengan brand.
  1. Konten yang relevan sesuai dengan kejadian sehari-hari. Misalnya membuat pertanyaan kepada para follower, “Apakah kalian sering diutangi oleh teman, simak tips berikut”. Membuat masyarakat relate, akhirnya mereka terus like atau follow akun kita
  1. Autentik yaitu DNA yang kuat dalam brand yang jujur dan stay true. Beri ciri khas dalam brand.
  2. Berikan nilai pada konten, berupa edukasi, motivasi tips and trik hiburan, inspirasi untuk followers agar lebih mengenal tentang diri mereka.
  3. Berikan opini tentang suatu hal yang kita percayai.
  4. Niche, tidak semua orang adalah market kita yang ditakdirkan sesuai.
  5. Fokus pada solusi yang kita tawarkan. Bagimana cara pembelian, cara pemakaiannya, memberikan tips and trik, namun tetap mempromosikan agar mereka membeli kembali.

Dalam Instagram juga ada strategi lain yaitu menggunakan hashtag. Mengikuti ombak atau ikut apa yang sedang dibicarakan masyarakat.

“Ada kemungkinan kita mudah ditemukan oleh orang-orang yang tidak mem-follow kita di halaman explore,” ungkapnya.

Sekarang setiap brand juga memiliki akun di semua platform media sosial. Video panjang untuk YouTube dapat dipecah untuk konten video pendek di TikTok, Instagram dan Twitter. Variatif dan tentu akan sangat efektif.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (21/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara Steve Pattinawa (ICT Watch) Heni Mulyati (Mafindo) dan Fikri Andika (NXG Indonesia) dan Rio Silaen (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025
Ini Rangkaian Kegiatan Kunker Mendag Agus Suparmanto di Makassar

Novi Helmy Kembali ke TNI, Prihasto Ditunjuk Pimpin Sementara Bulog

July 4, 2025
Ilustrasi/Net

Prabowo Tunjuk Pramudya Pimpin BPJS Ketenagakerjaan, Janji Perluas Perlindungan Pekerja

July 4, 2025

Recent News

Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In