Anak-anak kita merupakan golongan generasi Z dan generasi Alpha. Generasi ini merupakan generasi digital native, di mana mereka sejak usia sangat dini sudah diperkenalkan dengan dunia digital.
Generasi digital native ini memiliki pemikiran berbeda dari generasi sebelumnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita sudah tidak bisa mengaplikasikan cara orang tua kita dulu dalam mendidik anak karena sudah tidak relevan.
Mardiana R.L, Vice Principal in Kinderhouse Pre-School, menyampaikan bahwa antara generasi Z dan generasi millenial juga terdapat perbedaan penggunaan gawai. Pada generasi Z, perangkat yang digunakan kebanyakan smartphone sedangkan pada generasi millenial, perangkat yang digunakan paling lama ialah komputer.
“Internet tentu memberikan dampak positif dan negatif bagi anak-anak. Dampak positifnya anak-anak menjadi tidak terbatas dalam belajar apapun sehingga menjadi kreatif dan inovatif. Akses terhadap informasi pun tidak terbatas,” papar Mardiana dalam Webinar Literasi DIgital di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021).
Sementara itu, dampak negatifnya ialah adiksi terhadap game atau gawai, rentan terkena serangan siber, berpotensi menerima konten pornografi, eksploitasi seksual, dan tindakan menyakiti diri sendiri, serta konten radikalisme.
Ia memaparkan, tingkat kekhawatiran orang tua terhadap anak dengan penggunaan internet meningkat selama pandemi. Hal-hal yang dikhawatirkan orang tua, yaitu keamanan informasi anak, interaksi anak di ruang digital, dan konten yang dikonsumsi anak di ruang digital. Kemudian, terdapat survei yang menyatakan anak-anak bermain game online selama 6 jam per hari.
Aturan digital yang dapat diberlakukan pada anak-anak seperti, membatasi screen time. Anak-anak usia 0-2 tahun sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan gawai karena anak saat ini berada pada usia emas. Anak mampu mengeksplor dan menstimulasi dirinya dengan banyak hal. Oleh karena itu, disayangkan jika dalam usia ini anak bermain gadget. Usia 2-3 tahun maksimal 30 menit sehari dengan games edukatif. Di usia 3-5 tahun, anak memiliki waktu maksimal 1 jam per hari dengan games yang mereka pilih dan berada dalam pengawasan orang tua. Lebih dari 5 tahun maksimal 2 jam sehari.
“Alasan membatasi screen time karena masalah kesehatan, speech delay, sulit berkonsentrasi, dan kemampuan motoriknya tidak terlatih. Tugas orang tua ialah mengembangkan potensi anak,” ujarnya.
Orang tua juga dapat melakukan pengawasan pada gawai anak melalui aplikasi parental control. Aplikasi ini dapat melindungi, membatasi akses pada anak dan memantau penggunaan gadget. Kemudian, orang tua bisa menelusuri aktivitas anak di dunia digital. Lalu, menginformasikan keamanan penggunaan internet di dunia digital yang bertanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dengan mengomunikasikan dengan anak mengenai situs aman, informasi pribadi, dan sebagainya. Selain itu, orang tua dapat menambahkan pengetahuannya di dunia digital agar tidak gaptek.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (22/7/2021) juga menghadirkan pembicara, Dino Hamid (Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia), Noor Kamil (Co-Founder MAS PAM RECORDS), Aditya Nova Putra (Ketua Jurusan Hotel – International University Liasson Indonesia), dan Janna S. Joesoef.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.












