Bagi para pemilik usaha yang mulai go online ada satu hal yang jarang diperhatikan oleh mereka yakni soal menjaga dari serangan siber. Diana Balienda seorang konsultan bisnis mengingatkan kepada para pemilik bisnis online untuk selalu berhati-hati karena oknum jahat di dunia digital ada dimana-mana dan kapanpun mereka dapat menipu.
Diana mengatakan, jangan pernah membuka lampiran di email sekalipun dari orang yang kita kenal. Jika memang lampiran itu sesuatu yang kita harapkan atau kita tidak tahu isinya.
“Kalau lampiran namanya tidak jelas, sebaiknya tidak kita buka, mencegah lampiran tersebut isinya virus. Biasanya orang yang memang ada kepentingan dengan kita jika mengirim lampiran pasti akan menginfokan terlebih dahulu, mislanya dari supplier, vendor atau konsumen kalau tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu sebaiknya tidak dibuka,” ungkapnya.
Berbicara saat webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (12/8/2021), Diana perlu berhati-hati saat akan mengunduh dari situs berbagi file, lebih baik situs yang memang terpecaya. Penting juga untuk hanya berbagi perangkat dengan orang yang kita percaya terutama perangkat yang berisi file perusahaan kecil milik kita. Secara berkala untuk ganti password dan bukan password yang mudah ditebak. Buat password yang sulit jangan lupa juga untuk mengaktifkan two factor authentication.
Sebagai pemilik usaha yang menjadi penentu di sebuah organisasi, jangan sampai juga percaya hoaks. Apalagi yang berkaitan dengan sektor bidang usaha kita.
“Ketika mendapat informasi, percayai hanya dari sumber atau media yang kredibel. Sumber informasi yanhg tidak domain situsnya lebih baik langsung abaikan. Bandingkan juga informasi dari berbagai sumber yang berbeda, agar kita yakin kalau informasi itu benar,” jelasnya.
Sebaiknya juga para pemilik usaha tidak asal dalam membagikan informasi, meskipun itu benar namun tetap apa yang dibagikan pemilik usaha bisa di-branding juga dengan usaha. Jangan sampai konsumen melihat postingan pemilik usaha dan kemudian merasa tidak senang atau tidak sependapat sehingga malah memilih meninggalkan produk itu.
Sebagai pengusaha sebaiknya bagikan sesuatu yang sesuai dengan profesi kita, selain promosi apa yang kita jual atau kita layani dapat juga membagikan konten yang menginspirasi yang ada hubungannya dengan entrepreneur. Postingan kita cerminan diri kita, dan diri kita juga cerminan dari brand atau produk kita.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD?) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (12/8/2021) juga menghadirkan pembicara Byarlina Gyamitri (Konsultan Pemberdayaan SDM), Aditianata (Dosen Universitas Esa Unggul), Mario Devys (Relawan TIK Indonesia), dan Clarisssa Darwis sebagai Key Opinion Leader.