Akibat pandemi Covid-19, perilaku kehidupan sehari-hari berubah sehingga berdampak pada tren pekerjaan dan usaha yang ada saat ini. Media sosial seperti Facebook dan Instagram yang biasa untuk bersosialisasi dan bertukar cerita kini berganti menjadi tempat untuk saling menawarkan produk. Mereka beradaptasi dengan keadaan.
Sama halnya dengan banyak perusahaan yang beradaptasi masuk dunia digital otomatis mereka banyak membutuhkan tenaga kerja dibidang digital. Misalnya, desainer aplikasi untuk para pengusaha jualan online selain itu masih banyak lagi profesi yang kini tengah naik daun. Seperti content creator, software engineer, social media specialist, SEO Specialist, cybersecurity, dan online selling.
“Sekarang orang membuat konten untuk bisnis, jadi para kreator membuat konten agar dilirik brand. Biasanya brand ingin produknya dibuatkan konten dengan mereka. Software engineer, erat kaitannya dengan para perusaahan yang ingin masuk dunia online. Mereka juga membutuhkan Social Media Specialist. Perusaahaan butuh orang ahli dalam bermedia digital,” ucap Maulana Abdur Rofik, CEO Limdev saat webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/8/2021).
Social Media Specialist ini kemampuannya harus bisa menganalisa tren, konten dan audience serta strategi kampanye di media sosial. Ada lagi SEO Specialist yang fokus dengan mengoptimasi untuk melakukan analisa performa web, juga optimasi keyword pada web. Maulana menyatakan, jika ingin belajar mengenai SEO dapat mengecek website reliabelsoft, akan banyak materi belajar SEO dan ada juga dalam format video.
“Ada juga bidang, Cyber Security Engineer yang fokus dalam menjaga keamanan informasi pada sistem operasi perusahaan. Kemampuan mereka harus mampu menganalisa kerentanan pada system. Bahasa pemprograman dapat dilihat di Python, javascript, bahasa C dan lainnya,” jelas pengajar SMKS TI Muhammadiyah ini.
Dengan segala peluang yang ada saat ini, dapat dimanfaatkan dengan menambah kemampuan digital yang sesuai passion atau yang memang disukai.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar juga menghadirkan pembicara Allana Abdullah (Pengusaha Online), Diondi Kusuma (praktisi pemasaran online) Nissa Rengganis (Dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon), dan Sari Hutagalung sebagai Key Opinion Leader.