Info Bisnis id
No Result
View All Result
Wednesday, September 17, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home lifestyle

Semangat Membuat Konten Positif

by Hermawan
September 23, 2021
0
Kiat Memproduksi Konten di Media Sosial
157
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Indonesia butuh lebih banyak konten positif. Selama tahun 2021 ada 1.479.257 jumlah aduan konten yang diterima Kementerian Komunikasi dan Informatika di antaranya 1.085.441 konten pornografi dan 369.792 konten perjudian.

Maka sebagai warga digital yang aktif, harus sigap jangan sampai para generasi muda kita rusak mentalnya akibat konten-konten negatif yang ada di media sosial. Oleh karena itu mulai dari sekarang sebisa mungkin kita memproduksi konten-konten positif. Sebenarnya sangat banyak konten yang bisa dibuat tidak harus formal atau serius tetapi bukan hal yang negatif bahkan bisa menghibur.

Taufik Aulia product manager Kompas Gramedia Grup yang juga kreator konten mengatakan, jenis-jenis konten positif itu yang pertama konten inspiratif. Konten yang dapat menyentuh, menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu atau untuk mengubah sikap menjadi lebih baik.

Kemudian konten edukatif yang sifatnya mencerdaskan, tidak hanya sekadar memberitahu tapi ada tujuan untuk edukasi, mendidik atau memberikan skill dan sebagainya. Lalu ada konten informatif yang berisi hal-hal informasi yang harus orang tahu. Namun pastikan informasi yang dibagikan ini merupakan sesuatu yang benar adanya.

Terakhir adalah konten menghibur, sekarang banyak media sosial yang memang hanya untuk menghibur seperti TikTok. Namun TikTok juga dapat digunakan sebagai wadah untuk memberi edukasi dan informasi.

Jenis-jenis konten tadi dapat kita pilih sesuai dengan apa yang kita suka dan apa yang bisa kita saksikan dan buat. Di media digital memang pilihannya, apakah kita ingin menjadikan penonton atau ingin menjadi pemain.

“Karena kalau kita hanya ingin menjadi penonton artinya semua konten orang lain akan kita terima dan ide orang lain kita saksikan begitu saja. Tetapi kalau kita menjadi pemain. Artinya kita secara aktif juga ikut membuat konten di media sosial. Bukan hanya menonton ide seseorang tapi kita juga bisa membuat konten sesuai ide kita sendiri, menyuarakan pemikiran kita dan lainnya,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021).

Mulai dengan memilih konten yang ingin dibuat, dalam bentuk teks, video gambar atau juga grafis. Dia mengingatkan, konten yang bagus itu adalah yang kredibel, memiliki pesan dan sesuai dengan segmen audiens. Misalnya, jika kita seorang ibu muda dengan di media sosial kita banyak teman-teman kita yang juga. Pastikan konten kita juga sesuai dengan tema dan keinginan interest para ibu-ibu muda itu. Mengenai parenting, makanan sehat untuk keluarga dan lainnya.

Taufik menyebut ada rhetorical triangle terdiri dari penulisnya yang mempunyai tujuan, kredibilitas dan otoritas. “Dari segi kontennya ada pesan yang ingin dibagikan atau ada informasi juga. Dilihat di sisi audiens kita pelajari siapa mereka, usia berapa dan apa yang mereka suka dan apa ekspektasi untuk kita,” jelasnya.

Satu hal yang harus selalu diingat adalah konsisten dan jangan berhenti. Jika kehabisan ide, Taufik menyarankan untuk terus gali hal-hal di luar dari kebiasaan kita. Paling penting jika ada kritikan dari orang lain, hendaknya tidak membuat menjadi patah semangat. Namun itu dapat diubah menjadi sebuah kekuatan baru untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Webinar juga menghadirkan pembicara Iwan Kemrianto (founder yukbisniskost.com), Ismita Saputri (Dosen dan Podcaster), Leni Fitriani (Relawan TIK Indonesia), dan Vania Almira sebagai Key Opinion Leader.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Astragraphia Bangun Pilar Baru Kewirausahaan untuk Kontribusi Sosial mulai 2020

Permenperin 35/2025 Resmi Berlaku, Aturan TKDN-BMP Hadirkan 13 Perubahan Besar

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Astragraphia Bangun Pilar Baru Kewirausahaan untuk Kontribusi Sosial mulai 2020

Permenperin 35/2025 Resmi Berlaku, Aturan TKDN-BMP Hadirkan 13 Perubahan Besar

September 16, 2025
Program Polytama Desa Sehat, Wujud Nyata Komitmen Perusahaan untuk Masyarakat Ring 1

Program Polytama Desa Sehat, Wujud Nyata Komitmen Perusahaan untuk Masyarakat Ring 1

September 16, 2025

Pendapatan Naik, Laba Meroket: CDIA Genjot Bisnis Logistik dan Tambah Armada Kapal

September 16, 2025
Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

September 12, 2025

Recent News

Astragraphia Bangun Pilar Baru Kewirausahaan untuk Kontribusi Sosial mulai 2020

Permenperin 35/2025 Resmi Berlaku, Aturan TKDN-BMP Hadirkan 13 Perubahan Besar

September 16, 2025
Program Polytama Desa Sehat, Wujud Nyata Komitmen Perusahaan untuk Masyarakat Ring 1

Program Polytama Desa Sehat, Wujud Nyata Komitmen Perusahaan untuk Masyarakat Ring 1

September 16, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In