Di era digital saat ini, memulai membangun bisnis online menjadi keputusan yang tepat. Tidak ada yang salah dengan memulainya saat ini, yang pertama harus dipikirkan saat memulai bisnis online adalah produk yang kita jual atau jasa yang ditawarkan itu market oriented jadi melihat apa yang pasar sukai yang dibutuhkan masyarakat saat ini.
Muhammad Rikza Nashrulloh, dosen Institut Teknologi Garut menambahkan, pilih bisnis yang memang menguntungkan. Jangan lupa untuk selalu mengecek berapa modal yang kita keluarkan dan biaya-biaya lain. Sehingga nanti ketika kita jual itu apakah mendapatkan keuntungan. Memang tidak harus besar tapi paling tidak ada hasil yang sesuai untuk apa yang kita lakukan.
Selanjutnya, bisnis yang sustainable atau berkelanjutan setelah usahanya terbentuk. Pastikan pasarnya akan selalu ada kalau bisa tidak musiman sehingga dapat terus dikembangkan hingga bisnis kita bisa berdiri sendiri.
“Karena ini bisnis online yang bisa luas cakupannya. Jadi kita juga bisa memiliki pikiran untuk membuat bisnis yang bisa mengglobal. Pilih bisnis yang dapat dikirim ke tempat yang jauh. Misalnya makanan pun dapat dipilih yang tahan awet beberapa hari dalam pengiriman,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021).
Bisnis tidak lepas dari bagaimana cara menjual dan berpromosi. Ada marketing dan sales, kedua ini seolah-olah sama mempunyai dengan tujuan yang sama. Tetapi sebenarnya dalam prosesnya memiliki perbedaan. Pebisnis juga harus tahu, bagaimana perjalanan pembeli atau buyer journey. Mulai dari kesadaran, pertimbangan dan memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang ada.
“Dari perjalanan pembeli tersebut marketing itu berada dalam setiap tahap sedangkan sales hanya pada tahap terakhir saat konsumen memutuskan membeli atau menggunakan layanan,” ujarnya.
Dalam bisnis online bagaimana seorang marketer dapat berusaha untuk berpromosi dengan baik, membuat konten promosi di media sosial. Jadi untuk teknik marketing ada yang disebut dengan marketing mix ada empat hal yang harus diperhatikan yakni 4P product, price, place dan promotion.
Mengetahui semua tentang produk, varian produk, fitur produk. Lalu harganya bagaimana penentuan harga, tahu bagaimana memberikan diskonnya. Kemudian saluran distribusinya, transportasi dan promosi. Untuk promosi, paham bagaiamana iklannya, digital marketing dan penjualan.
Webinar juga menghadirkan pembicara Andro Hartanto (co-founder IOJIN), Eko Prasetyo (founder Lenere Business Suite), Bowo Suhardjo (Komite Audit IndoSterling Aset Manajemen), dan Tresna Wulandari sebagai Key Opinion Leader.