Instagram menjadi media sosial favorit masa kini kebanyakan memang perempuan yang memiliki akun Instagram.
Menurut Bowo Suhardjo, Komite Audit IndoSterling Aset Manajemen alasan mengapa Instagram lebih disukai wanita karena Instagram memiliki ruang obrolan. Pada dasarnya wanita memang suka ngobrol, membicarakan beberapa hal mulai dari yang kecil hingga besar dari yang penting sampai yang tidak penting.
Suka stalking atau memantau, Instagram juga dijadikan tempat wanita untuk memantau beberapa hal yang membuat mereka penasaran tergantung interest mereka. “Mulai dari online shop barang-barang kekinian, resep masakan, tutorial hingga berita mengenai idola mereka,” tutur Bowo dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (05/10/2021).
Wanita itu memiliki sisi kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Tak sungkan untuk menggalang suatu kebaikan untuk tujuan tertentu melalui platform ini. Segalanya menjadi mungkin karena kemudahan di media sosial termasuk Instagram terlebih bagi mereka yang sudah memiliki banyak pengikut. Gerakan apapun yang dilakukan oleh dia para followernya akan ikut serta dalam gerakan tersebut.
“Jadi untuk para influencer atau mereka yang memiliki banyak follower di Instagram itu sebuah modal untuk mereka bukan hanya menambah penghasilan. Namun juga membuat sebuah kebaikan di dunia maya dengan mengumpulkan donasi juga gerakan positif lainnya,” jelasnya.
Wanita itu narsis, tidak dipungkiri jika mereka suka mengeksplorasi diri melalui swafoto serta selfie kemudian mengunggahnya ke Instagram. Bahkan sekarang ada fitur Reels yang kerap digunakan untuk membuat konten singkat dengan edit yang mudah. Para wanita kini menampakan kenarsisan mereka melalui Reels.
Senang perhatian, sebagai bagian dari sisi emosional wanita tentu membutuhkan perhatian dan sesungguhnya mereka tumpahkan di media sosial. Ungkapan senang maupun sedih sekarang dapat tergambar melalui Instagram Story seseorang. Dengan fitur yang disajikan di Instagram seperti gif ataupun fitur musik yang bisa langsung dimasukkan dalam posting-an.
Suka belanja tak perlu dijelaskan soalnya satu ini tentu tidak ada yang membantahnya dan Instagram menjadi salah satu platform yang banyak digunakan para online shop mempromosikan dagangannya. Kini juga Instagram memiliki fitur bisnis untuk mereka yang ingin langsung berbelanja check out di Instagram atau sekadar melihat harga yang langsung dicantumkan pada foto.
Webinar juga menghadirkan pembicara, Indira Wibowo (Public Speaker), Rabindra Soewardana (Direktur Radio Oz Bali), Mario Dewys (Pengurus RTIK Indonesia), dan Diza Gondo sebagai Key Opinion Leader.