Budaya kreatif dan produktif di era internet sekarang perlu menjadi gagasan yang dibangun setiap orang. Sebab jangan sampai aktivitas berinternet ternyata tidak memberikan manfaat apapun.
Apalagi dengan pertumbuhan pengguna internet selama pandemi yang mencapai 15,5% atau 27 juta pengguna baru, kini total pengguna internet sudah 202,6 juta. Potensi internet dan perkembangan dunia digital diramalkan bakal makin maju sehingga setiap individup perlu memanfaatkannya sebagai ruang kreatif dan produktif.
“Luar biasa perkembangan dunia digital ini jika tidak mengikuti kita pasti bakal ketinggalan,” katanya lagi,” Ujar Andry Hamida, Head of Visual Brand Hello Monday Morning saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Selasa (19/10/2021).
Lebih lanjut dia mengatakan, dengan segala peluang tersebut siapa saja yang kreatif dan produktif di dunia digital akan mendapatkan peluang tanpa batas. Bahkan menurutnya Indonesia bisa menjadi maju dengan budaya kreatif dan produktif.
“Budaya tersebut bisa tercipta melalui proses belajar dari lingkungan dan karena pengaruh pola pikir yang kemudian melekat pada manusia,” katanya lagi.
Dia pun mencontohkan budaya produktif di era internet ini seperti dalam membagikan unggahan positif dan bermanfaat bagi lingkungan di media sosial pribadi. Budaya sendiri menurutnya tak terbatas pada kesenian, rumah adat, maupun warisan nenek moyang saya. Secara luas budaya yang bisa disebarkan secara produktif di internet merupakan kebiasaan atau pola hidup, misalnya sekarang budaya menggunakan gawai yang dipergunakan untuk sarana berkarya.
Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Mardiana R.L, Vice Principal in Kinderhouse Pre-school, Vivi Andriani, Marketing Communication Manager Bumbumbuku, serta Andi S, seorang Medical Doctor & Health Educator.