Saat kita berinteraksi dengan orang lain perlu berhati-hati dalam berbicara. Komunikasi berhubungan oleh budaya dan memegang peranan dalam komunikasi.
Komunikasi membahas tentang komunikasi lintas budaya, bagaimana caranya berkomunikasi dengan berbagai macam budaya yang ada apa lagi di Indonesia sangat banyak sekali beragam macamnya. Komunikasi yang berhubungan dengan budaya pasti berimplikasi kepada etika komunikasi melalui hal-hal yang penting dalam satu budaya.
“Ketika kita masuk dalam satu budaya, artinya kita harus menghormati kita harus menghormati nilai-nilai yang ada di dalam satu budaya. Makanya kita harus tahu berbagai macam budaya, bagaimana cara berkomunikasi dalam dunia digital ada ada batasan-batasan dari budaya itu sendiri,” ujar Pipi Indriati Zaelani, dosen Sangga Buana Bandung saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/10/2021).
Maka, ketika kita berbicara dengan orang yang membicarakan ucapan kebencian dengan orang berbeda budaya, adatnya juga berbeda. Kita akan menemui cara penyelesaiannya juga berbeda. Mungkin ada musyawarah namun dipastikan cara-caranya prosesnya juga akan berbeda dari satu budaya dengan budaya yang lain. Kita harus sangat sangat memperhatikan komunikasi dipengaruhi budaya.
Etika Komunikasi itu terdiri dari komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa dan lainnya. “Jika dalam komunikasi antar pribadi contohnya ketika mahasiswa berbicara dengan dosennya itu harus sopan tidak sama seperti saat mereka dengan berbicara kepada temannya. Akan berbeda dalam komunikasi kelompok itu pasti ada etikanya ada nilai-nilai nilai-nilai norma-norma yang tersirat ataupun tertulis. Nilai-nilai yang memang disepakati oleh kelompok itu sendiri. Apalagi dalam satu organisasi itu ada kode etiknya,” jelasnya.
Jika dalam komunikasi massa ada jurnalistik, terdapat norma-norma etika profesi. Semua profesi itu ada kode etiknya, hal itu penting dalam etika. Ketika kita sesuai dengan kode etik apalagi dalam komunikasi massa. Sekarang sudah di era perkembangan teknologi, perkembangan teknologi komunikasi dari dulu konvensional TV, radio dan lain-lain. Media sosial di internet yang sangat cepat bergeraknya informasi.
Pertumbuhan yang terjadi memang harus ada terkait dengan kode etik atau etika etika, norma-norma dalam media sosial sendiri. Kalau dalam komunikasi massa di media massa jika melakukan kesalahan itu pasti sudah ada kode etik profesinya.
Webinar juga menghadirkan pembicara, Billy Kwanda (Digital Marketer), Stelita Marsha (Staf Ahli Kemendikbud), Lim Siaw Liang (owner Madam Lim) dan Ida Rhynjsburger sebagai Key Opinion Leader.