PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands.
“BRI berhasil menjadi merek utama di industri perbankan yang melekat di masyarakat. Ini bukti keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat luas,” kata Direktur Utama BRI Sunarso di Jakarta, Jumat.
BRI masuk menjadi salah satu deretan perusahaan unggul dengan brand rating Triple A (AAA).
Terdapat delapan perusahaan dari seluruh industri yang memiliki nilai merek atau brand value di atas 1 miliar dolar AS dan BRI menempati peringkat kedua dengan valuasi merek mencapai 3,09 miliar dolar AS.
“Khusus di Industri perbankan nasional maka BRI memimpin dengan nilai tertinggi,” ujar Sunarso.
Brand Finance sendiri dalam menetapkan peringkat suatu perusahaan telah melalui tinjauan transaksi riil yang digunakan oleh pengguna merek di seluruh dunia.
Untuk menentukan brand valuation, sebuah perusahaan akan diukur brand impact, brand earnings atau forecast revenues dan brand value yang akan dihubungkan dengan reputasi merek perusahaan.