Telkomsel telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk membawa layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM) ke pelanggan di Indonesia. Dengan tujuan meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyediakan solusi pesan singkat yang lebih canggih, kemitraan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bisnis Telkomsel.
Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel, menyatakan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi dan merupakan komitmen Telkomsel untuk memberikan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada pelanggan bisnis di Indonesia. Langkah ini juga mencerminkan visi Telkomsel untuk memimpin inovasi transformasi digital di industri telekomunikasi Indonesia.
Pelanggan bisnis dapat menggunakan fitur komunikasi canggih dalam RCS untuk menyampaikan ‘Rich Business Messages’ (RBM) sesuai kebutuhan mereka. Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura.
Jason Choy, Director, Android & Business Communication Product Partnerships, International dari Google, menyambut baik kerjasama dengan Telkomsel, menyatakan keyakinannya bahwa Telkomsel memiliki kredibilitas untuk menyediakan solusi telekomunikasi yang andal, termasuk dukungan untuk RCS. Terence Lai Tuck Leong, Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships of Singtel Singapore, juga menyoroti peluang baru bagi inovasi bisnis di masa depan yang dapat dibuka oleh layanan ini.
Sejak 2016, Telkomsel telah mendukung Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dalam mendorong adopsi RCS, yang dapat menyediakan layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat.