Info Bisnis id
No Result
View All Result
Wednesday, November 19, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home lifestyle

Social Media Adalah Etalase

by Hermawan
June 18, 2021
0
Ingat Prinsip Literasi Digital ya,  Jangan Langsung Percaya
160
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Media sosial memang tempat untuk berbincang, berinteraksi dan berkomunikasi. Ada berbagai jenisnya bisa via teks, gambar, audio, video, emoji bahkan sticker. Maka dalam berinteraksi harus ada landasan etika sosial dalam norma sosial.

Ada beberapa etika standar yang wajib dilakukan di ranah digital. Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Namun karena orang merasa seperti di dalam ponsel maka sering kali bertindak seenaknya. Tidak tatap muka bukan berarti orang tersebut tidak bisa menjarat kita dengan hukum atau sanksi sosial jika dianggap tidak menyenangkan.

Poin-poin tersebut disampakaian Enda Nasution, Koordinator Gerakan #BijakBersosmed dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021). Ada empat poin dasar beretika di media sosial yang harus diperhatikan.

Pertama sadar, berinteraksi offline dan online dibutuhkan kesadaran tinggi. Sadar ketika berkomentar, mengunggah sesuatu ataupun melakukan aktivitas digital lainnya. Kedua hormat, hormatilah waktu, privasi dan hak intelektual diri sendiri dan orang lain. Ketiga jadilah sensitive pada perspektif atau pandangan orang lain, apa yang menurut kita benar belum tentu demikian dari sudut pandang orang. Terakhir adalah jika tidak yakin, maka bertanyalah.

“Dalam budaya Jepang ada yang namanya Omotenashi yang merajuk pada sikap keramahtamahan. Di sana, sebuah layanan yang memikirkan orang lain adalah the highest level of service. Itulah yang harus kita terapkan ke diri sendiri. Di media sosial kita mengantisipasi apa yang akan disampaikan. Contoh sederhana mau telepon ke WhatsApp itu kan cukup personal, ada baiknya teks dulu tanyakan. Jangan main telepon di waktu yang juga kadang nggak umum,” ujar Enda.

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar lebih bijak? Ada beberapa hal seperti kalau suka akan sebuah post beri komentar, reaksi positif dan relevan. Tambahkan informasi baru dan perspektif yang berbeda pada postingan kita. Baca posting secara menyeluruh sebelum memberikan komentar jangan sampai salah komen. Kalau merasa ada kesalahan pada postingan kita, edit, hapus dan minta maaf. Dalam diskusi, fokus ke masalah jangan menyerang orang pribadi. Tambahkan emoji untuk memperjelas kesan / nada komen.

“Social media adalah etalase, orang akan memandang kita dari apa yang kita posting dan ucapkan. Apakah kita orang dipercaya atau suka ngomong kasar. Diukur aja mana yang kira-kira pantas. Mulai dari diri kita dan kemudian ajak sekitar. Konten positif dan produktif. Lebih baik menyalakan lilin daripada kita terus mengutuk kegelapan,” tutup Enda.

Webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Siberkreasi wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021) ini juga turut menghadirkan pembicara yaitu Martha Simanjuntak (Founder IWITA – Indonesia Woment IT Awarness), Matahari Timoer (Digital Literacy Office ICT Watch), Fikri Andhika Hardiansyah (Program Director Next Generation Indonesia) dan Key Opinion Leader, Rio Silaen.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Kisah Sukses Yasunli Transformasikan Plastik Jadi Berbagai Macam Produk

Kisah Sukses Yasunli Transformasikan Plastik Jadi Berbagai Macam Produk

February 13, 2020
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

November 19, 2025
Bukti Konsistensi Layanan Gas Bumi, FSRU Lampung Terima Kargo LNG ke-20

Bukti Konsistensi Layanan Gas Bumi, FSRU Lampung Terima Kargo LNG ke-20

November 19, 2025
NGI Dorong Indonesia Menuju Era Terapi Sel dan Gen: Anak Perusahaan Naleya Hillgene Inovasi Jalin Kolaborasi Strategis dengan Tzu Chi Hospital

NGI Dorong Indonesia Menuju Era Terapi Sel dan Gen: Anak Perusahaan Naleya Hillgene Inovasi Jalin Kolaborasi Strategis dengan Tzu Chi Hospital

November 14, 2025
Masplene® Nonwoven Grade, Inovasi Polytama untuk Perlindungan Medis yang Aman dan Ramah Lingkungan

Masplene® Nonwoven Grade, Inovasi Polytama untuk Perlindungan Medis yang Aman dan Ramah Lingkungan

November 14, 2025

Recent News

Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

Dari Limbah Jadi Berkah, Polytama Dorong Ekonomi Sirkular Masyarakat Indramayu

November 19, 2025
Bukti Konsistensi Layanan Gas Bumi, FSRU Lampung Terima Kargo LNG ke-20

Bukti Konsistensi Layanan Gas Bumi, FSRU Lampung Terima Kargo LNG ke-20

November 19, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In