Berbagai pengetahuan dan ilmu dibagikan dalam literasi digital, karena di ruang digital banyak hal yang bisa dibedah. Salah satu yang bisa dipelajari adalah tentang peluang bisnis di dunia digital.
Denden Sofiudin, Relawan TIK, membagikan pengalamannya saat membangun bisnis Rumah Kopi Temanggung yang dikelolanya dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (17/6/2021). Bisnis yang dijalaninya tersebut dimulai dari dunia digital dengan menjual berbagai jenis kopi siap seduh berasal dari para petani-petani di Temanggung.
Denden pun membagikan pengalamannya ialah bermula ketika ia diminta untuk menjadi pendamping UMKM wilayah Temanggung sebagai Relawan TIK. Saat ini ia memaparkan materi digital skill. Saat itu ia mendampingin petani kopi untuk mengimplementasikan kecakapan digital di internet agar bisa berkembang.
Dari kegiatan yang cukup intens tersebut setahun kemudian lahirlah Rumah Kopi Temanggung di bisnis digital. Ia langsung memanfaatkan semua digital marketing melalui kanal digital dan berfokus pada marketplace untuk menjangkau lebih banyak target pasar dan Google Bisnisku agar ditemukan di dunia digital secara global.
“Dari awal lahir memang digital adalah incaran saya. Saya buka toko di semua marketplace dan Google Bisnis adalah ilmu kunci agar kita mudah ditemukan di dunia digital. Saya sering menekankan ini. Gara-gara Google Bisnis itu juga kopi Temanggung sudah sampai ke berbagai penjuru negara,” kisah Denden.
Rumah Kopi Temanggung yang mengandalkan 90% penjualan lewat kanal digital berhasil tumbuh bersama-sama mitra petani kopi di Temanggung. Produk mitra petani mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas produk tang diserap pasar terus mencetak neraca positif.
“Buat kami bisnis terus bertumbuh meski diterpa pandemi. Ia berkat keputusan digitalisasi bisnis sejak awal berdirinya. Ketika orang tidak bisa gerak tapi produk kita sudah sampai kemana-mana,” jelasnya.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) ini juga menghadirkan pembicara Matahari Timoer (Digital Literacy Officer ICT WATCH), Mohammad Ridwan (Content Creator), Fakrullah Maulana (Pengurus TIK Indonesia) dan Key Opinion Leader Natasha Gracia.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.