Digitalisasi masuk ke semua sendi kehidupan begitu juga dengan di dunia pemasaran. Pemasaran sudah berevolusi dari dulu menggunakan koran, katalog, brosur bergerak ke TV radio lalu website hingga kini. Pemasaran digital itu terdiri dari konten pemasaran berupa video dan foto produk, video company profile, grafis. Dalam membuat konten ini yang harus diperhatikan ialah targeted market atau konsumen yang sudah ditarget atau spesifik sehingga nanti dibuatkan konten yang relevan dengan mereka.
Menurut Ignasius Wisnu, Channel Manager ABB Indonesia Robotic, membuat konten juga harus konsisten, ada jadwal sendiri kapan konten diunggah di media sosial brand kita. Kemudian melihat tren sehingga kita bisa ikut masuk dalam hype tren tersebut.
Selanjutnya dalam digital marketing, instant messaging marketing pemasaran yang dilakukan di platform pesan kita. Teknik ini efektif karena lebih dekat calon konsumen kita adalah teman dan keluarga yang ada di dalam aplikasi pesan kita. Sosial media marketing menjadi bagian dari pemasaran digital karena pemanfaatan media sosial ini sangat bagus untuk membranding produk. Affiliate marketing bagian dari digital marketing untuk berkolaborasi pola pemasaran yang terjadi antara pemilik bisnis dengan influencer.
“Sebut saja produk terbaru McD yang menghebohkan yakni BTS meal itu bentuk kerjasama McD dengan idol Kpop itu. Mereka saling diuntungkan dan tentu ada kerjasama untuk proyek ini,” ujar Wisnu saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/8/2021).
Pemasaran digital ini juga dapat dilakukan lewat email dengan cara blast email atau newsletter. Kalau kita mengikuti sesuatu dan mereka meminta email, nanti kiita akan dikirimi email. Efektifnya kurang, karena orang kurang suka membuka email seperti ini. Ada juga Pay per click yakni layanan iklan dari mesin pencarian.
“Saat membuka website kita sering ada iklan berbentuk kotak di bawah, itu memang iklan yang pengiklan baru akan bayar jika calon konsumen mengklik kotak tersebut.Cukup menarik untuk menarik pelanggan,” jelasnya.
Dalam digital marketing ada SEO (Search Engine Optimization) menempatkan konten atau website kita berada selalu di atas daftar pencarian keyword. Itu ada algoritma yang bisa dilakukan secara gratis, ada cara-cara khusus. Bisa juga menggunakan jasa konsultan, mereka profesional yang sudah mempunya kata kunci tertentu yang dapat memebuat website kita ada di atas.
Manfaat digital marketing ialah mendekatkan dengan konsumen bahkan bisa berinteraksi, meningkatkan penjualan karena spektrum akan luas, hemat biaya produksi karena menggunakan internet, dapat melayani konsumen secara cepat dan meningkatkan kompetitif usaha kita.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/8/2021) juga menghadirkan pembicara Bambang Sadono (Pemilik kanal Inspirasi untuk Bangsa), Ipan Zulfikri (Ketua RTIK Kota Tasikmalaya), Kathrine (Entrepreneur Digital), dan Sari Hutagalung sebagai Key Opinion Leader.