Jika memiliki brand usaha sendiri, media sosial khususnya Instagram menjadi etalase terbaik. Ciptakan tampilan yang memanjakan mata untuk pasar kita. Di industri digital itu kejam sekali, hanya butuh 5-10 detik detik untuk meyakinkan akan dibeli atau tidak, terpercaya atau tidak.
Menurut pengalaman Febriyanti Kristiani pemilik @monstervitamin, dalam membangun bisnisnya selain kualitas produknya dalam branding di media sosial juga menjadi perhatiannya.
“Saya membuat tampilan di Instagram itu auranya sehat, cerah, ceria,sehat memang terlihat warna-warna yang ditampilkan di Instagram-nya mayoritas berwarna oranye, hijau, merah. Saya buat awal-awal menggunakan aplikasi template Canva, dulu belum bisa memperkerjakan desain grafis ya sendiri saja. Sekarang sudah menggunakan jasa desainer sudah ada rezekinya, Anda juga bisa begitu, kalau masih kecil edit sendiri saja,” ujarnya memberi saran saat menjadi pembicara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (9/8/2021).
Febri mengatakan, rata-rata orang di media sosial itu malas, mereka ingin simpel jadi saat mencantumkan kontak. Jangan hanya menulis angka-angkanya saja tapi sertakan link. Link kontak itu menggunakan link tree, jadi ketika diklik langsung keluar link yang lain berupa kontak WhatsApp, media sosial lain seperti Facebook, kontak cabang dan lainnya. Untuk menyambung ke pesan WhatsApp menggunakan aplikasi Kontakk.com.
Aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk memaksimalkan akun Instagram yakni Pinterest untuk mencari inspirasi packaging yang bagus, kartu ucapan dan lainnya yang menarik. Freepik membantu mencari gambar apapun menggunakan bahasa Inggris.
“Konten video juga jangan dilupakan, sekarang video singkat sedang hits manfaatkan TikTok dan fitur Reels di Instagram. Buka akun di media sosial dan buat konten sebanyak-banyaknya. Ibaratnya sebar pancing jangan hanya satu saja. Pastikan konten yang dihasilkan bagus agar merata,” tutur Febri.
Dia pun meyakini semua yang ada di media digital terlebih untuk digital marketing, semua dapat dipelajari tanpa mengenal usia. Semua fasilitas aplikasi tersedia, mulai dari editing yang mudah sampai sulit ada sebelum mampu memperkerjakan desainer. Sekarang tinggal para pemilik bisnis ini mau atau tidak memaksimalkan media sosial untuk branding usaha mereka dengan membuat konten yang serius.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (9/8/2021), juga menghadirkan pembicara Santi Indra Astuti (Dosen Universitas Islam Bandung), Al Akbar Rahmadillah (Founder Sobat Cyber Indonesia), Bowo Suhardjo (Konsultan Bisnis), dan Maichel Kainama sebagai Key Opinion Leader.