Konten negatif banyak bermunculan di media sosial. sebagai pengguna kita wajib waspada jangan sampai kita justru mengkonsumsi konten-konten negatif. Maka agar terhindar dari hal-hal negatif, fokuskan tujuan kita dalam bermedia digital, hanya ingin berkarya atau sekedar bergaya.
Aldiyar, instruktur Edukasi4id mengatakan, bergaya itu hanya mengikuti tren saja. Semua diikuti mulai dari gaya, fitur, gaya hidup hingga challenge yang kekinian. Akibatnya kita menjadi FOMO Fear of Missing Out, kita sangat takut sekali untuk kehilangan tren yang sedang hits.
Misalnya kita sedang tren TikTok currency padahal kita tidak mengerti lalu menggunakan uang tabungan untuk mengikuti tren TikTok currency ini. Atau juga tren investasi saham yang hanya ikut-ikutan padahal tidak mengerti dasarnya, akhirnya uang tabungan juga habis.
“Ini bahaya sekali untuk mental kita jadi sekali lagi penting sekali untuk mengetahui apa tujuan kita bermedia digital. Entah kita mau personal branding, ingin memasarkan produk, ingin membangun relasi yang berhubungan dengan skill atau hobi dan sebagainya,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021).
Aldiyar pun memberikan tips agar produktif di media digital, untuk membuka perspektif dalam bermedia digital kedepannya. Isi aktivitas digital kita mulai dari hal yang paling mungkin yang kita lakukan. Itu sebagai langkah awal kita dengan hal-hal yang memang kita sukai dan kita bisa lakukan.
Jadilah pembuat bukan hanya sekedar penikmat saja. Kita dapat mengidentifikasi diri kita sendiri seperti apa passion kita, tapi jangan berorientasi untuk mendapatkan penghasilan.
“Sebab kini banyak yang ingin menjadi YouTuber agar mendapat AdSense. Lebih baik orientasinya jangan langsung seperti itu yang paling penting adalah bangun niat untuk konsisten membuat konten berdasarkan minat yang kita miliki,” pungkasnya.
Gunakan media digital kita sebagai media penyimpanan portofolio. Kita dapat menggunakan akun media digital untuk memperlihatkan hasil pekerjaan yang sedang kita geluti di media sosial yang akan berdampak orang-orang akan mengetahui profesi dan keahlian. Tentunya bermanfaat jika memang mereka membutuhkan keahlian. Jika pekerja lepas akan mempermudah calon klien melihat hasil pekerjaan.
Membantu kita mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat. Terakhir tentunya dengan hasil pekerjaan yang kita posting di media sosial akan membuat terlihat lebih profesional dan mencintai pekerjaan kita sendiri.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Byarlina Gyamitri (Konsultan Pemberdayaan SDM), Erri Ginandjar (GA Director Radio Oz Bali), dr. Frendy Winardi (Founder Royale Rejuvia Aesthetic), dan Marcela Vionita sebagai Key Opinion Leader.