Banyak strategi promosi yang digunakan oleh Kementerian Pariwisata demi mendongkrak kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Satu diantaranya dengan memberikan penghargaan kepada insan pers yang turut membantu mempromosikan berbagai destinasi wisata lewat karya jurnalistik. Karena itu Menteri Pariwisata memberikan penghargaan kepada para insan pers lewat Anugrah Wisata Indonesia (APWI) 2019.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai penyelenggaraan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) memiliki media value yang tinggi sehingga dinilai efektif untuk mempromosikan kebijakan strategis Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan destinasi wisata di Tanah Air.
Arief Yahya mengatakan, APWI sangat menguntungkan untuk dijadikan tempat promosi pariwisata karena dianggap memiliki media value yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya tak segan meningkatkan anggaran untuk hadiah yang diberikan, di mana pada 2017 hadiah yang diberikan Rp200 juta, pada 2018 naik menjadi Rp300 juta, dan 2019 meningkat signifikan menjadi Rp500 juta.
“Hadiahnya relatif besar. Tapi Media Value APWI 2019 bisa mencapai Rp15 miliar. Jauh lebih tinggi dari anggaran yang kami berikan. Ilmunya media valuenya tinggi, dan eskposurenya besar sehingga sangat membantu promosi sesuai tema yang ditetapkan, dan tahun depan kami akan naikkan menjadi Rp1 miliar dengan tema Tourism 4.0,” kata Arief Yahya kepada infobisnis sesudah memberikan penghargaan kepada para insan pers di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu (2/10).
Lomba APWI 2019 diadakan dengan dua tema besar, yaitu Millennial Tourism dan 5 Destinasi Super Prioritas. Kompetisi diikuti peserta masing-masing kategori yaitu Majalah 28 karya, Surat Kabar 40 karya, Televisi 73 karya, Blog 92 karya, Media Online 117 karya, dan Kategori Khusus 79 karya dan satu kategori Best of The Best.
Lomba tahunan yang sudah digelar sejak 2003 ini juga memberikan voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp31 juta dari tiket.com.
Berikut daftar pemenang APWI 2019 :
Pemenang Kategori Blogger
Juara 1: “The Kaldera, Pintu Milenial Tourism di Toba” karya Ang Tek Khun.
Juara 2: “Terjebak di Antara Dua Dimensi Waktu de Tjolomadoe” karya Sukma Mustika Aji.
Juara 3 “Jelajah Budaya dan Sejarah Dalam Jogja Cross Culture Wisata Yang Cocok Buat Milenial” karya Arinta Setiasari.
Juara Harapan 1: “Mencoba De Loano Glamorous Camping, Wisata Kemah Milenial di Dekat Borobudur” karya Ardian Kusuma.
Juara Harapan 2: “Taman Bunga Sampai Tempat Angker, Serunya Berburu Destinasi Instagramable” karya Fahrio Rizaldi Abror.
Pemenang Kategori Cetak Majalah
Juara 1: “Vakansi Visual” karya Kurniadi Widodo dan Christian Rahadiansyah.
Juara 2: “Ekspresi Imajinasi Ala Milenial” karya Dody Wiraseto.
Juara 3: “Semarang” karya Andri Syahreza.
Juara Harapan 1: “Berebut Pasar Pelancong Milenial yang Seksi” karya Sri Niken Handayani.
Juara Harapan 2: “Wisata Milenial di Jogjakarta” karya Harry Purnama.
Pemenang Kategori Media Cetak Koran
Juara 1: “Nge-Vlog” di Dataran Tinggi Dieng” karya Arief Suharto”.
Juara 2: “Jelajah Hutan Anggrek Nan Kekinian” karya Briyanbodo Hendro.
Juara 3: “Menggenggam Promosi Digital, Menggaet Wisman Milenial” karya Fadhil.
Juara Harapan 1: “Lukisan Warna Bumi Anoa” karya Saiful Rijal Yunus.
Juara Harapan 2: “Kenalkan Waktu Ulo dan Pegon Melalui Vlog dan Blog” karya Bagus Supriadi.
Pemenang Kategori Media Online
Juara 1: “Bius Tujuh Destinasi Kekinian Bandung” karya Edi Sutrisno.
Juara 2: “Pesona Cinta dari Teluk Jering” karya Muhammad Amin.
Juara 3: “Mengincar Wisatawan Milenial dengan Warisan Dunia” karya Miko Elfisha.
Juara Harapan 1: “Melepas Penat Sejenak di Kafe Tengah Hutan Kota Jakarta nan Instagramable” karya Dinny Mutiah.
Juara Harapan 2: “Mencari Permata Tersembunyi di Yogyakarya” karya Silvita Agmasari.
Pemenang Kategori Media Televisi
Juara 1: “Menyusuri Jejak Kolonial ala Milenial, program Geopark Indonesia, INEWS”.
Juara 2: “I Love Jakarta, program Journey, Metro TV”.
Juara 3: “Wisata Milenial Bandung Juara, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.
Juara Harapan 1: “Surga di Ujung Timur Nusantara, program Destinasi Liputan 6, SCTV”.
Juara Harapan 2: “Surga Nomad di Pulau Dewata, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.
Pemenang Kategori Khusus APWI 2019
Juara 1: “Melirik Wisata Nomadik Labuan Bajo, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.
Juara 2: “Jalan Jalan! Horas Menjuah-juah, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.
Juara 3: “Pesona Kawasan Wisata Mandalika, program CNN Indonesia News, CNN Indonesia TV”.
Juara Harapan 1: “Bukit Holbung Danau Toba karya Yuki Anggia Putri”.
Juara Harapan 2: “Mengakrabi Romantisme Borobudur Nan Penuh Teka-Teki karya Hannif Andy Al Anshori”.
Pemenang Best Of The Best
Surga Cantik dari Indonesia Timur, program Travel Addict, GTV.