Infobisnis.id – Penjualan mobil Astra hingga September 2019, turun 6,6 Persen lebih kecil dibandingkan penurunan penjualan mobil secara nasional bisa mencapai 12 persen
Secara nasional daya tarik konsumen untuk membeli mobil mulai terasa menurun. Setidaknya inilah gambaran yang terlihat dalam data yang ada di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hingga akhir September 2019 ini, tercatat penjualan mobil nasional sebanyak 753.594 unit. Angka ini turun 12 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 856.559 unit kendaraan.
Penurunan serupa juga terjadi di segmen low cost green car (LCGC). Hingga September 2019, penjualan mobil nasional mencapai 156.642 unit, turun 7,1 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 168.756 unit.
Astra International patut berbahagia karena jika dilihat berdasarkan merek kendaraan, mobil Toyota meraih peringkat pertama yang bisa menjual 245.515 unit. Lalu diikuti Daihatsu di urutan kedua dengan penjualan 132.988 unit. Sedangkan Mitsubishi menempati posisi ketiga dengan penjualan sebesar 122.481 unit hingga kuartal III 2019.
Tapi sayangnya, ketiganya juga merosot masing-masing sebesar 6,2 persen, 10,2 persen dan 19,7 persen.
Hasil Jualan Astra
Menurut data yang diterima infobisnis pada hari rabu (17/10), penjualan Astra International dari awal Tahun hinggan September ini, hanya mampu menjual kendaraan sekitar 396.138 unit, turun 6,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 424.406 unit.
Meskipun penjualannya menurun, secara nasional pangsa pasar Astra International naik 2 persen menjadi 52 persen dibadingkan tahun 2018 yang berada di sekitar 50 persen.