Infobisnis.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan bakal mendesain ulang konsep Smesco Indonesia agar semakin optimal menjadi instrumen untuk memasarkan produk UMKM.
“Smesco harus diredesain agar produk UKM mampu masuk pada global value chain, dengan begitu daya saing produk UKM ini bisa betul-betul bersaing di pasar domestik atau pasar luar negeri,” kata Teten, Jumat.
Ia bertekad akan menjadikan Smesco Indonesia sebagai one stop service bagi UKM-UKM di Indonesia.
Hal itu, menurut dia, sejalan dengan komitmen kementerian yang dipimpinnya itu untuk terus mendorong pertumbuhan daya saing produk-produk UKM nasional melalui optimalisasi pemasaran produk UKM unggulan daerah di Smesco Indonesia.
Untuk manajemen dan pengelolaannya nanti pihaknya akan menyerahkan pada badan layanan umum (BLU) Kemenkop dan UKM yaitu Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM).
Selain itu, juga akan menggandeng mitra-mitra yang kompeten agar nantinya Smesco Indonesia benar-benar bisa menjadi pusat peradaban baru bagi produk UKM.
Teten mengaku sedang meminta masukan dari para pelaku dan pemerhati UKM yang sudah berpengalaman agar konsep one stop service yang digagasnya untuk pengembangan Smesco Indonesia bisa benar-benar dapat diaplikasikan dalam waktu dekat.