Dari kiri : Head of Research and Data Analysis Tempo Ai Mulyani, VP Of Business Development Blibli.com William Hadibowo, Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dan Economic Editor Koran Tempo Ali Nur Yasin berbincang bersama usai acara diskusi bertajuk Juara E-commerce 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Tempo kembali mengadakan acara Ngobrol@TEMPO bertemakan e-commerce atau bisnis online. Kali ini, diskusi tidak hanya membahas e-commerce yang memberi kemudahan di zaman yang serba cepat dan instan ini, tetapi juga gambaran mengenai dinamika industri e-commerce dalam negeri.
E-commerce sudah menjadi kebutuhan karena mampu memberi kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hampir semua barang tersedia dan calon pembeli lebih praktis mencari produk yang diinginkan. Baik transaksi jual beli maupun pembayaran digital pun dapat dengan mudah dilakukan melalui internet dan perangkat telepon genggam, kapan saja dan dimana saja. Selama beberapa tahun terakhir, berbagai platform e-commerce bermunculan di Tanah Air dan tumbuh dengan drastis.
Bank Indonesia bahkan menyebutkan bahwa di tahun 2019 ini, jumlah transaksi e-commerce per bulannya mencapai Rp 11–13 triliun. Berdasarkan prediksi McKinsey, pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat dari total belanja online senilai US$8 miliar pada 2017 menjadi US$55 miliar hingga US$65 miliar pada 2020. Sektor e-commerce pun turut berperan mempengaruhi perkembangan ekonomi digital Indonesia dan pemberdayaan UMKM. (Foto: Infobisnis.id/Rahmat Herlambang)