Berdasarkan data Google Temasek, potensi ekonomi digital Indonesian pada tahun 2024 diprediksikan USD124 atau setara dengan Rp 1.000 Triliun. GDP Indonesia juga diperkirakan menjadi 5 besar di tahun 2030 dan menjadi akan naik di posisi ke-4 terbesar di tahun 2050.
Potensi yang sangat besar di bidang digital membuat masyarakat khususnya generasi muda memiliki peluang usaha di dunia digital yang sangat terbuka luas.
Berbicara pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021), Bagus Aristayudha, Ketua TIK Bali mengatakan, kini kita harus memiliki mindset digital. Sekarang itu kita dapat mendapatkan income dari banyak lini.
Misalnya kita bekerja konvensional menghabiskan 8 jam sehari. Namun jika kita memiliki pemikiran digital. Kita dapat melihat peluang lain sebagai desainer media sosial atau kemampuannya adalah marketing, tertarik pada pembahasannya tentang ilmu-ilmu finansial itu ternyata bisa jadi juga menjadi konten kreator. Dari konten kreator menjadi magnet marketing mendapatkan fee dari suatu kegiatan.
Content creator sebagai dapat disebut juga sebagai self-employed. “Sementara itu kita juga mengenal bisnis owner. Bisa dibantu dengan membuat suatu usaha dari Google bisnis dari sosial media itu yang membuatnya lebih otomatis lagi dalam bekerja sekali posting nanti yang kerja otomatis google-nya,” ungkapnya.
Media sosial yang memperkenalkan konten-konten kalian atau bisnis-bisnis kalian produk-produk kalian sudah seperti itu itu lebih mudah lagi untuk mendapatkan income dari bisnis online
Terakhir menjadi investor atau investasi banyak yang berpikir bahwa investasi Rp 100.000 atau 1 juta itu mungkin akan dampaknya kecil tapi kecil tetapi kalau dia konsisten selama 10 tahun itu menjadi besar. Apalagi investasi digital dapat lebih murah Rp 100.000 bisa coba aja dari kecil-kecil lama-lama kelamaan teman-teman jadi besar gitu itu.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/6/2021) ini juga menghadirkan pembicara Moh Ridwan (Content Creator), Ferrianto (Relawan TIK Kalimanatan Barat), Fakhrulloh Maulana (Relawan TIK), dan Key Opinion Leader Valentina Melati.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.