Info Bisnis id
No Result
View All Result
Sunday, July 6, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home lifestyle

Sejak Pandemi, Terjadi Perubahan Perilaku Konsumen

by Hermawan
June 29, 2021
0
Dunia Digital Bantu Bumikan Kuliner
155
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Perubahan kehidupan masyarakat yang terjadi saat ini di pengaruhi Teknologi Informasi yang sangat cepat berkembangnya dan bersifat destruktif. Artinya perkembangan teknologi baru akan memunculkan peluang bisnis yang baru juga menggantikan teknologi yang lama. Pandemi Covid-19 ini juga banyak mengubah kehidupan, masyarakat dipaksa untuk masuk dunia digital. Tenaga pendidik juga orang tua tidak sepenuhnya siap menggunakan teknologi untuk mengajar.

Menurut Komang Triwerthi, Dosen STMIK Primakara yang juga relawan TIK Bali, mengatakan, perilaku konsumen juga berubah dan sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis atau yang ingin mulai usaha. Masyarakat kini lebih peduli kesehatan karena keadaan. Fokus pada harga dan kebutuhan pokok karena pada dasarnya banyak yang harus bertahan hidup saat pandemi.

“Berhemat salah satunya dengan selalu memasak di rumah ditambah karena punya banyak waktu di rumah. Sehingga para ibu mulai mencoba masakan hingga cemilan,” jelasnya saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/6/2021).

Pandemi membuat masyarakat khawatir bertemu banyak orang sehingga mereka lebih banyak menggunakan layanan bebas kontak 24 jam. Kemudian cashless karena mengurangi ruang gerak juga kemudian layanan cepat dan efisien ini karena semuanya serba online. Terbiasa dengan berlangganan untuk menonton, mendengarkan musik dan hal lain. Bisnis digital juga mengalami transformasi dan selalu berkembang. Maka para pelaku di dalamnya juga harus menyadari dan ikut berkembang.

“Mereka harus selalu memiliki pola pikir digital dan platform online bukan hanya konten tapi juga harus memperhitungkan like, followers-nya berapa jadi kita harus menciptakan kedekatan yang bagus dengan konsumennya,” ujar Komang.

Komunikasi juga penting, menciptakan suasana hangat sehingga jika konsumen puas, dia akan selalu beli di tempat kita. Bentuk komunikasi pada era digital ialah melalui penulisan caption pada foto di media sosial, foto juga harus menarik.

“Saking caption itu berpengaruh, kini ada layanan jasa pembuatan caption. Kalau di Bali untuk villa-villa yang akan dipromosikan di online. Butuh caption menarik. Penulisan caption ini juga akhirnya jadi peluang usaha,” jelasnya.

Terakhir, bisnis digital yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat yakni cepat, mudah. Jangan lupa ekspektasi konsumen harus ada umpan balik. Umpan balik itu nanti dapat menjadi testimoni yang dipakai untuk rekomendasi penjualannya.

Dalam pidato peluncuran Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Presiden Joko Widodo juga berharap masyarakat dapat meningkatkan produktivitas dengan membuat UMKM naik kelas on-boarding di platform e-commerce. Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/6/2021) ini juga menghadirkan pembicara Farid Zamroni (Presidium Mafindo), Khemal Andrias (CEO NXG Indonesia), Queena Fredlina (Relawan TIK Bali), dan Dian Putri Nitami sebagai Key Opinion Leader

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025
Ini Rangkaian Kegiatan Kunker Mendag Agus Suparmanto di Makassar

Novi Helmy Kembali ke TNI, Prihasto Ditunjuk Pimpin Sementara Bulog

July 4, 2025
Ilustrasi/Net

Prabowo Tunjuk Pramudya Pimpin BPJS Ketenagakerjaan, Janji Perluas Perlindungan Pekerja

July 4, 2025

Recent News

Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In