Littani Watimena, Brand & Communication Strategist membagikan bagaimana membuat konten menarik di media sosial untuk promosi bisnis online. Konten adalah kunci bagaimana pelaku usaha bisa membangun kedekatan dengan konsumen, menghibur atau mengedukasi konsumen dengan konten yang dibuat.
Menurutnya, bagi menjadi 3 cara untuk konten yang paling pertama adalah scriptnya karena foto tanpa tayangan caption itu membuat yang melihat juga penasaran. Misalkan jualan bubur ayam, cara membuat caption yan benar tampilkan masalah kita tayangkan misalkan, ‘lapar pagi-pagi mau makan apa’ lanjutannya ‘jangan khawatir sama teteh kalau lapar pagi-pagi ayam saya sudah buka langsung ke lokasi atau diantar’.
“Kasih solusi masalah di paragraf pertama, kemudian langsung kasih tahu bisa dicari di mana bisa dibeli dimana kita bisa menemukan sendiri. Di media sosial itu pertamanya adalah temen sehingga bedakan antara ketika mereka membaca dari media yang lain dengan membaca dari medianya. Gunakan bahasa kita sendiri intinya adalah bahasa Indonesia yang baik dan bahasa yang buat caption orang lain tanpa izin,” jelasnya di webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (30/8/2021).
Selain itu, penggunaan tanda baca yang baik, tidak memakai huruf kapital semua tidak menggunakan tanda seru atau tanda tanya yang banyak. Seringnya terjadi hambatan karena bahasa tulisan itu tidak punya emosi sehingga orang yang membaca bisa salah persepsi. Maka penggunaan tanda baca, penggunaan huruf besar kecilnya itu juga harus diperhatikan dengan baik. Kemudian untuk foto atau video fotonya harus orisinil jangan ambil foto orang lain.
Fokus fotonya jangan blur karena nanti nggak jelas apa yang sebenarnya kita jual, pencahayaan yang baik jika tidak punya studio, tidak punya lighting foto outdoor aja di luar cari tempat yang bagus untuk kita melakukan foto shoot untuk produk-produk kita dengan cahaya alami.
“Jika konten video pastikan suara terdengar dengan jelas kalau memang tidak bisa terdengar dengan jelas bisa dibantu dengan subtitle, teks itu akan membantu akan sangat membantu gunakan aplikasi desain dan video editor. Lebih bagus jadi ada musiknya jadi ada efeknya. Sekarang itu banyak sekali yang bisa dipakai ada Canva, Inshot dan sebagainya,” jelasnya.
Kemudian, bikin konten jadi jangan bingung hari ini posting apa, harus ada plan-nya, bikin jadwal seminggu. Misalnya, membuat kombinasi postingan, hari Senin brand, Selasa postingan produk, Rabu postingan layanan. Itu sebenarnya dari satu benda aja bisa udah bisa ada empat cara 4 cara atau 4 konten pada produk. Ada konten lahirnya brand kita, tampilkan cara buatnya itu juga menjadi satu konten.
“Kita hanya punya satu produk produknya itu lagi itu lagi tayang, agar orang tidak bosan caranya dikombinasikan jangan cuma ngomongin untuk jualan terus tapi gimana sih cara bikinnya misalnya cara bikin bubur ayam yang enak itu seperti apa, promosi bubur ayam kemerdekaan ya karena selama bulan Agustus akan ada bubur ayam Merdeka jadi dibuatin tema-tema. Jadi, harus melakukan inovasi kreatif dalam melakukan postingan-postingan walaupun hanya satu produk,” ungkapnya.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi.
Webinar juga menghadirkan pembicara Indira Salsabila Ayuwibowo (Public Speaker dan Online Entrepreneur), Endang Swastuti (Dosen universitas 17 Agustus 1945 Semarang), Fhassi Anfiqi (Konsultan desain interior data perusahaan multinasional), dan Aflahandita sebagai Key Opinion Leader.