Info Bisnis id
No Result
View All Result
Monday, September 15, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home News

Kiat Memproduksi Konten di Media Sosial

by Hermawan
September 4, 2021
0
Kiat Memproduksi Konten di Media Sosial
154
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sebelum kita mulai membuat konten, tentukan tujuan menggunakan media. Apakah untuk edukasi? Apakah untuk kepentingan institusi? Apakah untuk sebuah personal branding atau citra diri? Bisa juga media sosial hanya sekadar berekspresi atau memang serius membangun sebuah bisnis.

Tujuannya harus jelas di awal untuk nanti konten dan bahasa yang kita gunakan jelas apa kegiatan dan tentu ada hubungannya dengan dampak dan beretika di dalam media sosial itu sendiri. Contohnya ketika Theo membangun akun coffestock. Tujuannya untuk edukasi maka, konten dan bahasa yang diturunkan itu harus mendukung.

“Tujuan saya mengedukasi orang apa yang dilakukan saya pertama selalu berusaha merangkul orang dalam bentuk konten dan kata-kata. Kata-kata seperti ‘mari teman-teman! ayo belajar sama-sama Kalau belum ngerti, nggak apa-apa, yuk! Belajar lagi berkembang sama-sama’. Edukasi saya harus merangkul sebanyak-banyaknya generasi muda Indonesia untuk belajar,” ungkap Theo Derick Praktisi Marketing Digital pemilik CoffeeStock dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat Jumat (3/9/2021).

Theo mengingatkan, jika ingin membuat konten yang mengedukasi orang, kita tidak boleh menghakimi atau menjauhi. Jadi kalau mereka sudah pernah rugi pernah salah pernah menyimpang dari cara yang seharusnya kita tidak boleh sama sekali memberikan judge.

Yang dilakukan di Coffeestock mengatakan, rugi tidak masalah pernah bangkrut bahkan dari investasi saham ayo belajar lagi bersama, mulai lagi. Jadi semua yang kita lakukan di media sosial konten dan bahasanya akan mendukung kita mencapai tujuan.

Dalam membuat konten harus sopan dan positif, kita memiliki ruang interaksi dari kecil diajarkan untuk sopan, kalau bertemu langsung harus sopan. Jadi sekarang bagaimana kita harus memposisikan diri seperti ketemu langsung. Masalah positif, ini menarik dari pengalaman Theo membangun akun Coffeestock jika ada komentar netizen yang negatif balas dengan positif. 

“Apapun feedback yang diberikan orang ketika kita balas positif, habis mereka berhenti di situ ruangnya. Pernah kita nge-post konten edukasi investasi ada orang yang komentarnya nggak nyambung mencela dan kasar. Tapi saya lakukan dan tim konten saya pun selalu saya ajarkan, satu cara yang harus kita lawan adalah kita harus menjadi mesin konsistensitas mesin artinya apa tidak reaktif, nggak baper tapi output-nya konsisten,” jelas Theo.

Sehingga tidak ada drama dari banyak komentar negatif banyak tapi memang harus disiram dengan positif. Hal lain yang harus diperhatikan bahwa tingkat konsentrasi dalam penggunaan media sosial orang-orang rendah sekali terlebih hanya  konten dan bahasa yang sepenggal-sepenggal.  Maka penggunaan kata-kata itu harus sederhana dan mudah dipahami, semakin pendek semakin bagus semakin jelas semakin bagus supaya tidak multitafsir. Kemudian konten tidak menghakimi dan menjurus ke isu SARA.

Selanjutnya konten itu harus otentisitas dan apresiasi, memilih dan memaknai referensi bukan plagiasi biasa kita sebut ATM, Amati Tiru Modifikasi. Lihat yang bagus ambil ulang dengan apa yang kita punya menghasilkan sesuatu yang baru ditambahkan. Itu namanya inovasi dan setiap orang harus selalu berinovasi tapi bukan plagiasi. Bedanya kalau plagiasi kita ambil yang bagus kita pakai langsung tidak dicampur dulu nggak di-repacking dulu dengan apa yang kita punya jadi sesuatu yang baru, itulah etikanya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar juga menghadirkan pembicara Asep Suhendar (Relawan TIK Indonesia), Asep Kambali (Founder Historia Indonesia), Ismita Saputri (pengusaha, podcaster, dosen), dan Almira Vania sebagai Key Opinion Leader.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

September 12, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

nak Usaha MDKA Siap Himpun Hingga Rp4,88 Triliun Lewat Go Public

September 10, 2025
BNI Terapkan Protokol Kesehatan

BNI Pastikan Program Koperasi Merah Putih Tak Ganggu Kualitas Kredit

September 10, 2025
Cerita Agen BRILink yang Kantongi Omzet Capai Rp2 M/Bulan

BRI Genjot Pemberdayaan UMKM, Agen BRILink Tembus 1,2 Juta

September 10, 2025

Recent News

Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

Polytama Raih Penghargaan Green dan Sustainable Companies 2025 dengan Predikat Excellent dari Majalah SWA

September 12, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

nak Usaha MDKA Siap Himpun Hingga Rp4,88 Triliun Lewat Go Public

September 10, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In