Indonesia saat ini memiliki 202,6 juta penduduk yang juga menjadi pengguna internet. Menurut Erri Gandjar, GA Director OZ Radio Bali dengan jumlah tersebut seharusnya internet dan ruang digital bisa membuka potensi dan peluang untuk kita produktif dan tentunya menghasilkan pundi uang.
Salah satu produktivitas di ruang digital ialah membangun dan menjalankan bisnis secara online. Ia mengatakan, yang dibutuhkan hanya niat, planning, skills, dan kreativitas.
“Memulai bisnis online tidak hanya sekedar produk yang kita jual, tetapi apapun bisnisnya tetap ada perencanaan yang harus dibuat,” tutur Erri dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021).
Erri mengatakan, agar perencanaannya baik, kita bisa memulainya dengan konsep 5W+1H. Pertama, What, produk apa yang akan kita jual. Kedua ialah Who, atau target pasar yang nantinya akan tertarik, membeli, hingga menjadi pelanggan potensial bagi kita. Kita juga bisa melakukan riset target pasar. Ketiga, Where, di mana kita akan berjualan secara online. Kita bisa memilih platform bisa di media sosial atau marketplace yang banyak digunakan saat ini.
Keempat, When, kapan waktu yang tepat untuk terjun ke bisnis online. Menurut Erri, hal ini berkaitan dengan target dan jenis produk yang ingin dijual. Kita juga harus menyesuaikan target dan jenis produk dengan kebutuhan pasar saat ini. Kelima, Why, yakni alasan kita membangun bisnis secara online. Keenam, How, bagaimana kita memulainya, seperti mengerjakan, perencanaan, target market, menghitung budget, produksi, dan lain sebagainya. Buat sebuah action plan untuk lebih memudahkan kita dalam merealisasikan rencana bisnis tersebut.
“Hal yang paling penting menurut saya dalam memulai bisnis itu adalah ikuti passion kita. Menjalankan bisnis sesuai passion membuat kita enjoy dan mencintai pekerjaan yang kita jalani. Berbagai tantangan yang muncul bisa dihadapi dengan tenang dan fokus,” imbau Erri.
Selain itu, kita perlu memiliki skills agar tetap bisa beradaptasi di era digital ini. Di antaranya, penguasaan gadget dan komputer, media sosial, copywriting, teknik dasar fotografi dan desain, serta manajemen dasar. Setidaknya kita bisa mengoperasikan komputer, mengakses internet, dan menggunakan media sosial/marketplace. Kemudian, kemampuan copywriting sebagai salah satu teknik marketing. Fotografi dan desain agar produk semakin menarik, serta manajemen dasar untuk mengatur segalanya untuk menjalankan usaha.
Webinar juga menghadirkan pembicara, Loina Lalolo Krina Perangin-angin (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi SGU), Herman Pasha (Senior Trainer & Coach), Ellangga Seta (Entrepreneur & IT Enthusiast), dan Marcella Vionita sebagai Key Opinion Leader.