Secara global kita saat ini berada di era revolusi industri 4.0, di mana semua aktivitas menjadi serba digital di berbagai sektor.
Kondisi seperti ini mengharuskan kita memiliki keterampilan digital agar bisa bersaing. Bahkan, keterampilan digital dianggap sebagai kunci utama untuk berselancar dan menghadapi era ini.
“Digital skills adalah kemampuan atau kecakapan dalam menggunakan teknologi digital. Antara kita dan teknologi menjadi saling berkesinambungan,” jelas Kevin Joshua sebagai Key Opinion Leader dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021).
Ia mengatakan, dengan digital skills kita harus bisa untuk beradaptasi dengan perubahan tren di dunia digital. Karena seiring berjalannya waktu, perubahan tren di dunia digital akan selalu terjadi. Contohnya, tren Tiktok dan Instagram reels. Kemudian, di era ini kemampuan digital skills akan memudahkan kita sekaligus sebagai bekal untuk bersaing. Menurut Kevin, peluang kita bersaing di era ini sangat besar.
Konten merupakan salah satu hal yang berpengaruh di media digital saat ini. Banyaknya media sosial beserta penggunanya menjadikan konten sebagai sebuah media komunikasi dan informasi. Konten ini bisa berupa video, foto, dan tulisan. Ada beberapa hal dan keterampilan yang perlu dimiliku untuk membuah sebuah konten.
“Kunci untuk konten itu menentukan segmentasi pasar, membuat foto/video dengan kualitas yang baik, dan komunikasi yang baik,” papar Kevin.
Pertama, segmentasi pasar penting untuk menargetkan audiens dan konten apa yang ingin dibuat. Segmentasi pasar juga mempermudah konsistensi kita dalam membuat konten. Ketika kita memiliki segmen yang lebih spesifik, algoritma dari media sosial juga akan mengikuti agar kita lebih mudah mendapatkan engagement.
Kedua, kualitas foto dan video tujuannya tentu untuk menarik audiens kita. Kevin mengatakan, kita juga memerlukan referensi ketika tidak memiliki ide. Ketiga, komunikasi melalui konten. Ia menjelaskan, untuk berkomunikasi dengan audiens, konten kita harus memiliki pesan penting bagi audiens, tidak bertentangan dengan SARA, dan menghormati pihak lain. Komunikasi juga harus dilakukan dua arah, seperti melalui komentar.
Peluang di dunia digital itu sangat besar. Mempelajari hal baru di dunia digital menjadikan peluang-peluang tersebut terbuka semakin lebar.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Yazid Nur Rahman (Filmmaker), Virginia Aurelia (Owner & Founder divetolive.id), Arya Shani Pradhana (CEO & Founder Tekape Workspace), dan Chiara Chiasman (Co-Founder of Finest Sangjit).