Info Bisnis id
No Result
View All Result
Friday, July 4, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home News

Netizen Lebih Senang Baca Judul Saja

by Hermawan
July 14, 2021
0
Berita di Medsos Juga Karya Jurnalistik
160
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Perubahan perilaku individu terjadi ketika adanya digitalisasi. Di masyarakat terjadi displacement effect atau dimana kita menggantikan kegiatan yang seharusnya dilakukan setiap harinya dengan mengakses internet.

Hal tersebut sudah dikatakan Joice Crammod tahun 1976 untuk kehadiran televisi yang menggantikan beberapa kegiatan. Bahkan porsinya sangat banyak kalau kita hubungkan di Indonesia sekarang menurut riset sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia menjadikan tempat tidur sebagai lokasi untuk mereka berselancar di dunia Internet.

“Jadi waktu yang harus tidur malah scroll media sosial,” ujar Muhammad Miftahun Nadzir, Dosen Entrepreneur Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (13/7/2021).

Saat sedang menunggu, 35 persen masyarakat juga memilih memainkan gawainya. Saat di rumah saat menonton TV bahkan miris ketika berkumpul dengan keluarga juga masih harus berselancar di internet.

Akibat arus informasi yang sangat banyak dan masuk setiap saat membuat kita selalu menerima sapaan dari luar yang mana mengurangi hubungan intensitas dengan dunia nyata. Juga terlihat generasi yang sudah sedari dini menggunakan teknologi sehingga semua serba instan. Di dunia ini terutama pada generasi milenial sehingga jarang yang menghargai proses.

Arus informasi yang cepat juga membuat muncul last of cultural identity melalui online misalnya fenomena k-pop. “Masyarakat berkembang tapi sangat bergantung pada apa yang dia lihat, apa yang direpresentasikan dari media. Sehingga kita kehilangan kontak dengan dunia nyata. Hal ini juga terjadi pada anak-anak,” ungkapnya.

Perubahan perilaku masyarakat adalah the skill reading in the new normal alias malas membaca atau hanya senang membaca judul saja dari sebuah artikel. Inilah yang beresiko pada penyebaran informasi hoaks karena kita tidak kritis dalam menerima informasi.

Berbeda dengan dulu 10 atau 20 tahun yang lalu, saat seseorang ingin mencari sesuatu kita harus mencari referensi ke perpustakaan, baca buku itu yang sebenarnya dapat meningkatkan daya kritis seseorang.

Digital society ala Indonesia mereka yang sangat bergantung kepada teknologi, segala aspek kehidupannya digital. Penggunaan perangkat digital dalam pelayanan publik dan pemerintahan. Untuk pilar digital lifestyle penggunaan teknologi dalam aktivitas sehari-hari masyarakat digital memiliki kebutuhan yang tinggi akan informasi. Sehingga mereka spasial atau terhubung dengan lokasi yang berefek pada pengorganisasian ruang dan waktu.

Pilar yang terakhir adalah digital commerce penggunaan teknologi digital dalam aktivitas ekonomi. Adanya perubahan pola interaksi masyarakat dan interaksi secara langsung menjadi interaksi tidak langsung yakni melalui jejaring sosial sekalipun untuk berbelanja.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKomInfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (13/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara Bambang Iman Santoso (CEO Neuronesia), Taufik Aulia (content Creator dan penulis), Fikri Muhammad Hakim (Senior Manager Safety) dan Ummi Kulsum sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025
Ini Rangkaian Kegiatan Kunker Mendag Agus Suparmanto di Makassar

Novi Helmy Kembali ke TNI, Prihasto Ditunjuk Pimpin Sementara Bulog

July 4, 2025
Ilustrasi/Net

Prabowo Tunjuk Pramudya Pimpin BPJS Ketenagakerjaan, Janji Perluas Perlindungan Pekerja

July 4, 2025

Recent News

Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In