Seringkali banyak yang penasaran bagaimana cara seseorang di Instagram menjadi seorang selebgram atau influencer. Lady Kjaernett yang didapuk menjadi Key Opinion Leader saat Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (08/10/2021) menceritakan dirinya hanya senang membuat konten.
“Saya dulu talent TV, bintang iklan tapi ketika di media sosial saya tidak langsung banyak follower. Jadi saya benar-benar membangun media sosial saya ini dari awal. Saat masih syuting saya membuat konten membagikan info seputar syuting. Namun saat sedang break, sempat bingung ingin membuat konten apa, Akhirnya saya memilih untuk mengulas makanan karena konsisten akhirnya followers semakin banyak,” jelasnya.
Mulai bekerja sama dengan brand diawali dengan salah satu klinik kecantikan yang menawarinya untuk perawatan. Selain mengulas apa saja yang diakukan, Lady juga memberikan edukasi karena dia banyak bertanya dengan dokter kulit di sana. Lalu ilmu dan informasi dia bagikan kembali untuk para followers.
“Jadi, tidak hanya sekadar testimoni dan membeeikan perbedaan yang saya rasakan tapi saya juga senang memberikan inspirasi atau semangat juga bahwa kulit ini terutama wajah harus dirawat. Bukan hanya sekadar ingin cantik dengan standar-standar yang orang ciptakan tapi bagaimana kita dapat merawat diri kita itulah cantik sesungguhnya,” jelasnya.
Dari klinik kecantikan itu, kini banyak brand yang ingin bekerja sama dengannya. Dengan followers sebanyak 12 ribu memang tidak terlalu besar untuk ukuran seorang influencer. Namun baginya, untuk dilirik brand itu tidak harus followers banyak tapi kalau seseorang itu konsisten membuat konten para digital marketer akanmencari kita. Karena konten mereka menemukan kita atau karena algoritma atau memang mereka mencari sendiri.
“Jadi memang dimulai dari banyak mengulas mengenai apapun konsisten untuk melakukan itu, nanti para digital marketer pun akan melihat kemampuan kita. Saya juga kadang tidak mengerti bagaimana mereka bisa menemukan saya lalu berusaha berkomitmen untuk bekerjasama. Tapi itulah indahnya ruang digital, kita tidak pernah tahu bagaimana seseorang bisa menemukan kita lalu mengajak kerjasama dan percaya pada kita,” ungkapnya takjub.
Namun, Lady percaya itu berkat apa yang selama ini dibangun di media sosialnya, bagaimana interaktif dan kehidupan di dunia digital yang baik. Selalu tunjukkan rekam jejak positif merupakan kunci utama menjadi seorang influencer.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (08/10/2021) siang, juga menghadirkan pembicara, Febriyanti Kristiani (Founder @vitaminmonster), Bowo Suhardjo (Konsultan Bisnis), Arya Shani Pradana (Founder Tekape Workspace) dan Geri Sugiran (Relawan TIK Jawa Barat).