Info Bisnis id
No Result
View All Result
Saturday, July 12, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home lifestyle

Korelasi Berekspresi dan Personal Branding di Media Digital

by Hermawan
October 27, 2021
0
Manfaat Etika untuk Kehidupan Sosial
154
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kebebasan berekspresi ialah kebebasan mengungkapkan pemikiran- pemikiran yang ada di dalam kepala. Bentuknya ide-ide dan nilai-nilai apa yang seseorang anut.

Hal tersebut dikatakan Littani Watimena, Brand & Communication Strategist. Menurutnya saat kita berekspresi di media sosial atau di dunia digital itu mengungkapkan semua apa yang kita pikirin. Ide-ide apa yang kita miliki, nilai-nilai apa yang kita percaya, itu biasanya diungkapkan. Berekspresi ada pengaruhnya pengaruhnya dengan personal branding itu.

“Nanti ada pertanyaan, siapakah aku menurut saya ingin dianggap sebagai orang yang pintar, toleran. Tapi apakah bener jejak digital kita mengatakan hal yang sama tentang kita itu. Harus kita perhatikan betul-betul karena kita ingin dianggap sebagai orang yang baik, berpendidikan, sopan, toleransi berarti jejak digital kita berbicara sama dengan apa yang kita inginkan,” jelasnya saat mengisi webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021).

Personal branding merupakan usaha yang dilakukan secara sadar membentuk persepsi orang tentang siapa diri kita untuk suatu tujuan tertentu. Dari personal branding itu menceritakan siapa diri kita yang kita tampilkan ke publik. 

Personal branding itu ada dua macam, yakni alami memang sudah sejak awal seperti itu. Ada juga personal branding yang dibuat-buat, ini ada yang benar-benar beda terkadang jika terlalu berbeda orang lain menyebutnya pencitraan.

Misalnya, Steve Jobs pendiri perusahaan Apple, kalau lihat produk-produk Apple itu minimalis, tidak terlalu banyak macam-macam penggunaannya juga simpel. Sebenarnya adalah sesuatu yang dipikirkan oleh Steve Jobs. Dia ingin pada saat menggunakan iPhone atau Mac book atau apapun itu semuanya tidak repot belajarnya. Dari produknya yang selalu polos menandakan hal itu.

Sama dengan pembawaan Steve Jobs yang selalu mengenakan baju hitam saat presentasi di belakang layar besar, tanda banyak presentasi di belakangnya. Itulah ciri khasnya Steve Jobs dan kita bisa lihat perubahannya dari tahun 1984 sampai 2010.

Sementara itu, Presiden Jokowi punya ciri khas ialah pakai baju putih. Mengapa kemeja putih? Dia ingin menyampaikan personal branding sebagai pelayan masyarakat.

“Coba lihat kalau di hotel dan di restoran, pelayannya selalu berbaju putih. Itu yang ingin ditampilkan oleh Pak Jokowi. Modelnya di tangannya digulung, semua itu ada artinya dari simbolnya. Digulung-gulung bagian lengan itu, artinya saya berani turun langsung jadi tidak hanya duduk di atas tahta dan tidak berbuat apapun. Begitu juga dengan sepatu sneakers karena beliau ingin menunjukkan bahwa saya orang yang sigap kemana-mana. Jadi bukan orang yang ada di dalam istana tidak kemana-mana tapi saya ada orang yang blusukan,” ungkapnya.

Itulah yang ingin diciptakan melalui personal branding Presiden Jokowi kalau Jokowi selalu menggunakan batik dengan sepatu rapi. Kita akan melihat bahwa pemimpin hanya di istana. Jika berpenampilan seperti ini, masyarakat akan paham mungkin saja sewaktu-waktu presiden muncul di pasar. Hal tersebut yang ingin disampaikan presiden kepada rakyatnya.

Untuk kita masyarakat jika ingin melakukan personal branding di media sosial dengan selalu membagikan dan membuat konten yang positif.

Webinar juga menghadirkan pembicara, Abhyani Prastika (Digital Marketer), Andi Astrid Kaulika (Merchandiser Analyst), Dudi Rustandi (dosen Telkom University), dan Almira Vania sebagai Key Opinion Leader.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Perjanjian Perdagangan Tuntas, Ekspor Bisa Makin Deras

Boikot Perlu Berdasar Fakta, Bukan Asumsi: Ekonom Ingatkan Potensi Dampak ke Produk Lokal

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Perjanjian Perdagangan Tuntas, Ekspor Bisa Makin Deras

Boikot Perlu Berdasar Fakta, Bukan Asumsi: Ekonom Ingatkan Potensi Dampak ke Produk Lokal

July 10, 2025
PGE Area Kamojang Raih Penghargaan Internasional di Asia Responsible Enterprise Awards 2025 Lewat Program Gemah Karsa

PGE Area Kamojang Raih Penghargaan Internasional di Asia Responsible Enterprise Awards 2025 Lewat Program Gemah Karsa

July 8, 2025
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025

Recent News

Perjanjian Perdagangan Tuntas, Ekspor Bisa Makin Deras

Boikot Perlu Berdasar Fakta, Bukan Asumsi: Ekonom Ingatkan Potensi Dampak ke Produk Lokal

July 10, 2025
PGE Area Kamojang Raih Penghargaan Internasional di Asia Responsible Enterprise Awards 2025 Lewat Program Gemah Karsa

PGE Area Kamojang Raih Penghargaan Internasional di Asia Responsible Enterprise Awards 2025 Lewat Program Gemah Karsa

July 8, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In