Info Bisnis id
No Result
View All Result
Saturday, November 1, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home News

Mengenal E-commerce Optimizer

by Hermawan
October 28, 2021
0
Cara Jitu Memanfaatkan Transformasi Teknologi
175
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Digital marketing itu terbagi menjadi beberapa cara atau media yang digunakan untuk melakukan promosi di ruang digital. Salah satunya dengan menggunakan e-commerce optimizer. Optimizer ialah seorang atau kelompok yang mengkhususkan untuk menganalisis, mempercepat, membuat proyeksi dalam hal sales di e-commerce.

Mumu Saepul Mubarok, Digital Marketing Optimizer, menerangkan perbedaan digital marketing dengan e-commerce optimizer. Digital marketing melakukan teknik pemasaran secara digital untuk menyampaikan ke personal secara efisien dengan bantuan media sosial, aplikasi perpesanan online, mesin pencarian Google dan kanal video digital.

Sedangkan e-commerce optimizer merupakan spesialis digital marketing yang bergerak pada aplikasi penjualan digital seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada serta yang lainnya. Optimizer adalah goals untuk mengefektifkan penjualan dengan analisa data.

Cara kerja optimizer, langkah pertama dengan menganalisa data penjualan yang sedang berjalan. Membedah data yang sedang berjalan atau berlangsung. setelah mengetahui data penjualan optimizer akan menanyakan mengenai apa goals dari owner terkait kampanye yang akan dilakukan. Untuk diambil satu benang merah agar optimasi di e-commerce. Hal terakhir yaitu percobaan teknik sale yang akan dioptimasi dan dianalisis dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

“Setiap percobaan akan membuat kita tahu di mana celah yang tidak teroptimasi untuk membuat keputusan sedini mungkin. Saat ini data adalah acuan kita dalam membuat keputusan berfokus pada data dan tim yang akan membuat keputusan yang matang dan bijaksana,” ungkapnya saat dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

Mumu memberi contoh pada platform Shopee, sebelum dioptimasi bisnisnya oleh Mumu dan tim omset bulanan mencapai di angka Rp 137 juta lebih. Toko ini sudah berjalan beberapa bulan. Ketika sudah bertemu dengan optimizer, tugas optimizer, bagaimana mengoptimasi salah satu toko yang sudah berjalan.

“Dalam satu bulan setelah saya optimasi, omset klien saya itu naik hampir 41 persen. Selama satu bulan itu saya, saya mengoptimasi dari mulai analisa data, stock, konten apa yang diperlukan. Juga iklan menghemat masa iklan dalam satu bulan ke depan,” jelasnya.

Hal itu baru satu bulan ‘dipegang’ Mumu, setelah 3 bulan naik menjadi hampir Rp 600 juta. Ada target target yang harus kita penuhi dari mulai pembahasan konten dan semua. Dari data yang kita bahas banyak penjual mengapa banyak penjual online mereka tidak melihat data yang lama mereka jual dalam beberapa bulan terakhir karena di sinilah perlunya optimizer. Mulai dari kenaikan omset, strategi yang harus benar-benar diperlukan. Menurut pengalaman Mumu ini sudah melewati tiga bulan pertama.

Mengapa butuh waktu tiga bulan? Karena ingin memaksimalkan beberapa kategori, optimizer dengan kata kunci, bagaimana bisa mencari kata kunci yang relevan.

Webinar juga menghadirkan pembicara, dr. Frendy Winardi (Founder Royals Rejuvia), Arya Shani Pradana (Founder Tekape Workspace), Andi Astrid Kaulika (Merchandiser Analyst), dan Aflhandita sebagai Key Opinion Leader.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

October 31, 2025
Tren Pariwisata Berkelanjutan di Masa Depan, Menyeimbangkan Peluang dan Tantangan agar Tetap Menguntungkan

Tren Pariwisata Berkelanjutan di Masa Depan, Menyeimbangkan Peluang dan Tantangan agar Tetap Menguntungkan

October 30, 2025
Harita Nickel Raih Penghargaan Subroto 2025 untuk Kontribusi di Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Harita Nickel Raih Penghargaan Subroto 2025 untuk Kontribusi di Bidang Pendidikan dan Kesehatan

October 27, 2025
Forum Manajemen Risiko Pertamina 2025: Pertamina NRE Ubah Risiko Jadi Peluang

Forum Manajemen Risiko Pertamina 2025:  Pertamina NRE Ubah Risiko Jadi Peluang

October 27, 2025

Recent News

Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

Wujud Nyata Komitmen Keberlanjutan, Polytama Terapkan Nilai Kebersihan di Lingkungan Sekitar Plant Balongan

October 31, 2025
Tren Pariwisata Berkelanjutan di Masa Depan, Menyeimbangkan Peluang dan Tantangan agar Tetap Menguntungkan

Tren Pariwisata Berkelanjutan di Masa Depan, Menyeimbangkan Peluang dan Tantangan agar Tetap Menguntungkan

October 30, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In