30 tahun kini masuk usia FIFGRoup. Anak Perusahaan Astra Internasional ini sejak lahirnya selalu berinovasi dan selalu menjawab apa yang selalu dibutuhkan oleh Masyarakat Indonesia. Selain menjalankan bisnisnya, FIFGroup pun selalu peduli kepada Masyarakat. Semoga FIFGroup semakin jaya.
Awal Agustus kemarin wajah Arum (48) sangat bersinar penuh kegembiraan ketika dikasih informasi pengajuan permohonan kredit motor Beatnya diterima oleh FIFAstra. Dengan motor itu kini Arum begitu tenang ketika mau pergi kerja.
Maklum saja Arum adalah karyawan di salah satu perusahaan pengelola AC di Jabotabek yang berlokasi di Bekasi. Selama ini Arum setiap hari menghabiskan waktu sekitar sembilan jam pulang pergi Bekasi. Sekedar informasi, Arum adalah warga asli Bantarjaya Rancabungur Kabupatun Bogor.
Supaya bisa sampai ke kantornya, Arus setiap harus naik dua kali kendaraan umum (angkot-red) terlebih dahulu menuju ke stasiun Bogor. Waktu yang ditempung dari rumah Arum menuju Stasiun Bogor kalau normal sekitar satu jam. Tapi kalau macet bisa mencapai dua jam. Dari stasiun Bogor lalu naik kereta commuter dan transit menuju Stasiun Manggarai.
Di stasiun Manggarai Arum, baru naik kereta menuju Bekasi. Dan untungnya kantor Arum tidak jauh dari stasiun Bekasi. dan waktu yang ditempuh dari stasiun Bogor ke Stasiun Bekasi sekitar 2,5 jam.
Kini dengan mengendarai motor hasil dari kredit dari FIFAstra, Arum bisa sampai ke stasiun Bogor dengan waktu sekitar 20-30 menit. Dan itu sangat menghemat waktuna setiap hari satu hingga dua jam.
Bahkan beberapa hari lalu Arum, mencoba mengendarai motor langsung ke kantornya. Hasilnya waktu yang ditempuh oleh Arum adalah sekitar 2,5 jam.
Itulah gambaran singkat dari satu anak bangsa yang sudah menjadikan motor sebagai moda utama yang digunakannya untuk mencari nafkah. Dan PT Federal Internationsl Finance atau yang kini dikenal sebagai FIFGroup sangat bisa menangkap keinginan masyarakat sejak 30 tahun lalu.
Dan bersamaan dengan bertambah usianya yang semakin dewasa FIFGroup terus tidak berhenti untuk melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Selain bisnis pembiayaan sepeda motor kini FIFGroup pun garap bisnis lainnya. Tentu saja core bisnisnya tidak lepas dari pembiayaan.
Sejak melakukan meluncurkan nama dan logo baru pada 2013 lalu, PT Federal International Finance ingin lebih dikenal sebagai FIFGROUP. Harapannya dengan rebranding ini bisa memudahkan anak perusahaan Astra Internasional ini mampu leluasa untuk melakukan perluasan bisnis, jaringan hingga mencari dana segar.
Hasilnya hinggal kuartal I tahun 2019 ini FIFGroup masih bisa menunjukan kinerja yang baik bahkan bisa disebut terus tumbuh jika dilihat dari sisi aset, pendapatan, dan laba bersih. Dan tetap bisa menjaga angka tingkat kredit macet (Non Perfoming Loan /NPL).
Adaptasi di era Disrupsi
Di tengah pergerakan bisnis dunia yang begitu keras ini, menurut Presiden Direktur FIFGroup, Margono Tanuwijaya, selain menjaga Teamwork, inisiatif dan inovasi terkait teknologi harus segera dimanfaatkan oleh perusahaan. Upaya ini sekaligus untuk tetap membuat FIFGroup selalu ada di hati konsumen dan karyawan. “Ketersediaan FIFGroup Digital Application Form, FIFGroup Mobile Customer, dan FIFGroup e-Card adalah contoh aplikasi yang sudah dihadirkan FIFGroup. Selain itu, kami juga akan memanfaatkan teknologi untuk melakukan perluasan terhadap pasar berbasis teknologi,” katanya kepada infobisnis beberapa waktu lalu.
Di tahun 2019 ini, FIFGroup fokus untuk meningkatkan kinerja lima lini bisnisnya utamanya antara lain pembiayaan sepeda motor Honda baik baru dan bekas (FIFAstra), elektroni & perabotan rumah tangga (Spektra), kredit multiguna (DanaAstra), brand dari FIFGroup yang menawarkan pembiayaan syariah dengan fokus pembiayaan Haji dan Umrah (Amitra). Dan terakhir adalah serius menggarap di bidang fintech dengan branding Astra WeLab Digital Arta (AWDA).
Awda adalah jawaban dari pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh seluruh media kepada Manajemen FIFGROUP. Awda adalah jawaban dari FIFGroup untuk beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan digitalisasi yang begitu cepat sekarang ini.
Sementara itu menurut Direktur Marketing FIF Group Antony Sastro Jopoetro, Lewat AWDA FIFGroup akan terus berinovasi sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan dan manfaat dalam bertransaksi pada jaman yang semakin moderen dan dinamis.
“Melalui berbagai penawaran layanan, kemudahan proses serta kecepatan dalam layanan, FIFGroup akan mengedepankan pelayanan terbaik bagi konsumen,” tambah Antony Sastro Jopoetro.
CSR Wujud Kepedulian FIFGroup
Meskipun FIFGroup terus fokus untuk melebarkan sayap dan meningkatkan kinerjanya., tapi FIFGRoup tidak melupakan jiwa sosialnya. Lewat berbagai kegiatan corporate social responsibility (CSR), FIFGROUP hingga kini konsisten untuk membantu masyarakat. FIFGRoup sendiri memiliki empat pilar utama dalam CSR , yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat serta lingkungan.
Selain itu, FIFGROUP juga menyerahkan bantuan yang berkaitan dengan hubungan masyarakat. Pendidikan masih berada pada prioritas utama program CSR FIFGROUP dilanjutkan dengan ketiga pilar lainnya. Program FIFGROUP Peduli dijalankan serentak di semua titik operasional FIFGROUP yang tersebar di seluruh Indonesia.
Direktur HC, GC & Corcomm FIFGROUP Sutjahja Nugroho menegaskan kembali komitmen FIFGROUP dalam pelaksanaan program CSR bagi masyarakat Indonesia. ”Program FIFGROUP Peduli akan senantiasa kami jalankan karena itu merupakan misi kami. Di tahun yang baru, kami berharap kami dapat memberikan lebih banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Di mana ada FIFGROUP, di situ FIFGROUP harus dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya,” Kata pria yang biasa disapa Nunu oleh seluruh rekan kerjanya.