Nilai transaksi yang dibukukan oleh raksasa e-dagang asal China Alibaba Group pada dua jam pertama Festival Belanja Global, Senin dini hari, telah mencapai 128,15 miliar atau sekitar Rp256,6 triliun.
Hitung mundur pembukaan ajang yang dikenal dengan sebutan 11-11 itu dipusatkan di Mercedez Benz Arena, Shanghai, sejak Minggu (11/11) malam, yang diisi dengan berbagai ragam hiburan dan dihadiri oleh Co-Founder Alibaba Jack Ma beserta sejumlah perwakilan negara sahabat di China.
Sementara sejumlah awak media dari dalam dan luar China memantau pergerakan nilai transaksi belanja dalam jejaring (daring) tersebut dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.
Untuk sementara nilai transaksi tersebut melampaui pencapaian pada ajang serupa tahun 2015.
Beberapa merek dari China, seperti Xiaomi, Midea, dan Haier, mendominasi penjualan barang ekspor pada jam-jam awal festival.
Produk pakaian dari China juga mendominasi penjualan dalam negeri, namun produk dari luar negeri yang dibeli oleh masyarakat China pada jam-jam awal festival itu didominasi oleh jenis makanan, kosmetik, susu dan perlengkapan bayi, serta diaper.