Info Bisnis id
No Result
View All Result
Friday, May 23, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home News

UMKM Perlu Sentuhan Branding yang Substainable & Masif agar Dikenal Luas

by Rizki Meirino
November 15, 2019
0
UMKM Perlu Sentuhan Branding yang Substainable & Masif agar Dikenal Luas
154
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Infobisnis.id – Produk-produk UMKM membutuhkan sentuhan branding yang sustainable (berkelanjutan) dan masif (merata), agar dapat dikenal luas. Sementara untuk pemasarannya, perlu adanya channel distribution alternatif atau jaringan pemasaran alternatif. Pakar dan Praktisi Branding Arto Biantoro mengungkapkan hal itu usai menghadap Menkop dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

“Sebenarnya tahapan pembangunan produk UMKM atau yang saya istilahkan sebagai brand lokal itu sudah ada, istilahnya tinggal dijahit saja untuk dihubungkan dengan ekosistem yang lebih besar,” kata Arto.

Hal ini menurut Arto, sebenarnya tidak memerlukan biaya besar, karena tidak harus memulai dari awal seperti pemetaan dan sebagainya. ” Tinggal membangun infrastruktur yang bisa menghubungkan dengan ekosistem yang lebih besar, khususnya dalam hal pemasaran,” kata Arto yang juga putra seniman Krisbiantoro itu.

Arto mengaku senang bisa memberikan masukan dan berdikusi dengan Menkop dan UKM Teten Masduki dan jajarannya. ” Beliau sangat mengerti sekali soal value chain, bagaimana sebuah produk dari awal sampai hilir,” ujarnya sambil menyatakan siap terus memberikan masukan.

Arto mengatakan, dalam branding produk ada 4 faktor yang harus ada, pengembangan pemasaran, awareness (kepopuleran), chanel, dan investment. “Selama ini sering kali jaringan distribusi itu dibebankan kepada si pemilik brand. Dia disuruh mengembangkan dan mencari pasar sendiri,” katanya.

Dalam hal alternatif jaringan pemasaran, pemerintah bisa membuka kerja sama dengan PHRI sehingga memungkinkan di setiap kamar hotel, ada produk UMKM seperti makanan ringan atau kerajinan tangan. Jika ini berjalan, dengan sendirinya produk-produk UMKM akan diserap oleh pasar.

Untuk pasar ekspor, bisa juga diawali dengan mengerahkan kedutaan RI di luar negeri untuk mempromosikan produk lokal. Setidaknya, produk UMKM bisa dijadikan sebagai sebagai cindera mata di setiap acara yang dilangsungkan pemerintah, khususnya dalam kunjungan negara.

Ciptakan Ekosistem

Sementara itu Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Victoria Br Simanungkalit mengatakan sebenarnya 18 Kementrian/Lembaga yang selama ini membina UMKM sudah melakukan branding, namun diakui masih belum merupakan satu mata rantai produksi suatu barang.

“Istilahnya value chain nya belum utuh, nah disini Kementerian Koperasi dan UKM yang rencananya akan mengkoordinasi program pengembangan UMKM, tengah menyiapkan ekosistem pengembangan branding UMKM yang berkelanjutan dan masif,” ujar Victoria.

Dengan adanya value chain yang utuh nantinya produk UMKM atau brand lokal akan mendapatkan pembinaan dari hulu sampai hilir. ” Selama ini memang masalah pemasaran belum tergarap secara optimal dalam arti perlu terobosan melalui alternative channel distribution,” ujar Victoria (Humas Kementerian Koperasi dan UKM)

Download Premium WordPress Themes Free
Free Download WordPress Themes
Download WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy paid course free download
download redmi firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
lynda course free download
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Content Lokal Harus Kita Rawat

Hubungan Teknologi dan Budaya

October 17, 2021
Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

May 22, 2025
Hari Pancasila, Unilever Perkuat Kesetaraan Gender, Akses Disabilitas, dan Penghapusan Stigma

Sukses Efisiensi dan Distribusi Baru, Unilever Indonesia Catatkan Margin Tertinggi dan Raih Apresiasi Pasar

May 22, 2025
Polytama Tegaskan Penjualan Besi Scrap sesuai Aturan dan Ditujukan untuk Pemberdayaan Pengusaha Lokal Indramayu

Bupati Indramayu Kunjungi Plant Polytama: Apresiasi Ekspansi Industri dan Komitmen Sosial Perusahaan

May 21, 2025
Dukung Hilirisasi Energi, Polytama Percepat Ekspansi Plant PPB lewat Sindikasi Bank

Dukung Hilirisasi Energi, Polytama Percepat Ekspansi Plant PPB lewat Sindikasi Bank

May 5, 2025

Recent News

Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

Cuti Melahirkan dalam UU KIA Salah Satu Faktor Utama Keberhasilan ASI Eksklusif

May 22, 2025
Hari Pancasila, Unilever Perkuat Kesetaraan Gender, Akses Disabilitas, dan Penghapusan Stigma

Sukses Efisiensi dan Distribusi Baru, Unilever Indonesia Catatkan Margin Tertinggi dan Raih Apresiasi Pasar

May 22, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In