Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan pentingnya UMKM untuk melakukan “market intelligence” (intelijen pasar) agar bisa memproduksi sesuatu sesuai keinginan, kebutuhan, dan selera pasar sehingga mampu meningkatkan daya saingnya.
“Market intelligence penting untuk mengetahui keinginan dan selera pasar sekaligus menemukenali kompetitor,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Market intelligence adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi, yang berhubungan dengan rencana dan strategi pemasaran. Teten hadir menjadi narasumber dalam acara Tanwir II ‘Aisyiyah Periode 2015-2020 bertema Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Berkemajuan yang dihadiri perwakilan anggota ‘Aisyiyah seluruh Indonesia.
“Mengapa produk China bisa mendominasi penjualan online? Mereka melakukan market intelligence, menangkap tren, gaya seperti apa, kebutuhan, dan harga pasar. Mereka buat itu dan mereka kasih tahu ke UMKM-nya agar segera memproduksi itu lalu menaruh di Pos Lintas Batas kita kemudian masuk ke pasar Indonesia,” kata Teten.