PT Sarana Multigriya Finance (SMF) akan menggandeng marketplace di Indonesia guna memasarkan produk investasi Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA SP) ritel untuk menyasar milenial.
“Saat ini, pemasaran EBA SP baru melalui dua sekuritas, yakni BNI Sekuritas dan BCA Sekuritas, ke depan kami ingin gandeng marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia,” ujar Kepala Divisi Sekuritisasi dan Pembelian KPR, Sid Herdi Kusuma
Ia mengemukakan EBA ritel menyasar kalangan millenial dengan nilai investasi mulai dari Rp100.000 dengan bunga 8,75 persen per tahun. SMF menyiapkan sebesar Rp300 miliar untuk penjualan EBA ritel.
SMF, lanjut dia, secara aktif telah melakukan sosialisasi dan edukasi dengan membuka penjualan EBA SP ritel ke universitas, kementerian dan BUMN.
“Kita sudah dapat 250 new account (investor), kebanyakan mahasiswa. Rata-rata investasinya sekitar Rp300 ribu, memang kecil tapi tidak apa-apa yang penting ada repeat ke depannya,” ucapnya.
Ia menambahkan dalam rangka melakukan sosialisasi dan edukasi, pihaknya memanfaatkan media sosial sebagai sarananya.
“Untuk milenial, cara edukasinya berbeda dengan institusi. Kita punya Program Rabu Investasi, kita sosialisasi dan edukasi melalui media sosial dan juga ada tim yang terjun langsung ke kampus-kampus,” paparnya.