Info Bisnis id
No Result
View All Result
Tuesday, July 15, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home teknologi

XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Hingga 77% di Libur Panjang Natal & Tahun Baru 2020

by Rizki Meirino
January 3, 2020
0
XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Hingga 77% di Libur Panjang Natal & Tahun Baru 2020
153
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Infobisnis.id – Performa jaringan yang baik berhasil ditunjukkan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada masa liburan panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kenyamanan pelanggan menggunakan layanan XL Axiata selama selama masa libur antara 20 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 tetap terjaga dengan baik.

Pada waktu yang sama, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14% dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38%. Layanan data berbasis Games 25% menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16% dan Web Browsing 12%.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Bagi kami, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

Semua ini hasil dari upaya kami secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sesuai prediksi kami area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%”.

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang sebesar 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%.

Saat Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.

Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek yang ditinggalkan banyak warganya selama periode liburan ini mengalami penurunan sekitar 5% dibanding hari normal.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga aktif menggunakan layanan data selama berlibur di luar negeri, terlihat dari kenaikan trafik roaming sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

Area-area lokasi wisata popular yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga 80% dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah Whatsapp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%.

Layanan streaming video dan musik menjadi favorit karena tingkat kenyamanan penggunaannya juga semakin baik. Hal ini tidak terlepas dari peningkatan kualitas jaringan data yang XL Axiata lakukan di seluruh Indonesia, antara lain melalui proyek fiberisasi yang mampu meningkatkan kapasitas jaringan. Trafik layanan instant messenger yang biasa digunakan untuk mengirimkan ucapan naik hingga 16%.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang meng-cover area atau wilayah-wilayah yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Ada pula penempatan sekitar 30 Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatera, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur Tol Trans Jawa.

Persiapan jaringan lainnya berupa pengaturan trafik internet upstream arah ke Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Saat ini, XL Axiata melayani sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan didukung dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G.

Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Tanah Air.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

July 15, 2025
Proyek Infrastruktur Polytama yang Dibiayai oleh IIF Raih Penghargaan Internasional sebagai Transport Deal of the Year

Proyek Infrastruktur Polytama yang Dibiayai oleh IIF Raih Penghargaan Internasional sebagai Transport Deal of the Year

July 14, 2025
Keberlanjutan Jadi Budaya Perusahaan, PGE Raih Delapan Penghargaan di Ajang ISRA 2025 

Keberlanjutan Jadi Budaya Perusahaan, PGE Raih Delapan Penghargaan di Ajang ISRA 2025 

July 14, 2025
Ramalan Cuan Kripto dari Bos Indodax

OJK Bebaskan Pungutan Industri Kripto Sepanjang 2025, Dorong Ekosistem Digital Tumbuh

July 14, 2025

Recent News

Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

Dari Tesla ke Tanah Obi: Perlombaan Industri Nikel Indonesia Memenuhi Standar ESG Global

July 15, 2025
Proyek Infrastruktur Polytama yang Dibiayai oleh IIF Raih Penghargaan Internasional sebagai Transport Deal of the Year

Proyek Infrastruktur Polytama yang Dibiayai oleh IIF Raih Penghargaan Internasional sebagai Transport Deal of the Year

July 14, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In