Info Bisnis id
No Result
View All Result
Saturday, July 5, 2025
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
Subscribe
Info Bisnis id
  • Investasi
  • Home
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • teknologi
  • lifestyle
  • otomotif
  • tips
  • persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi
No Result
View All Result
Info Bisnis id
No Result
View All Result
Home News

BPKN Antisipasi Perlindungan Konsumen di Era Digital

by Rizki Meirino
December 17, 2019
0
BPKN Antisipasi Perlindungan Konsumen di Era Digital

Ketua BPKN Ardiansyah Parman (ketiga kiri) bersama Wakil Ketua BPKN Rolas Budiman Sitinjak (kedua dari kiri) dan jajaran dalam konferensi pers "Dinamika Transaksi di Era Digital" di Jakarta, Senin (16/12/2019).

154
SHARES
1.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Infobisnis.id – Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiansyah Parman mengatakan, berdasarkan laporan pengaduan yang diterima BPKN belum teratasi secara keseluruhan.

“Setelah menerima banyak pengaduan masyarakat atau konsumen jumlahnya dari tahun ke tahun meningkat. Jika dikerjakan secara konvensional kita (BPKN) tidak akan terkejar oleh waktu,” kata Ardiansyah dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Berkaitan dengan dinamika transaksi di era digital yang kompleks. Ia menuturkan, BPKN akan mengantisipasi dalam melindungi konsumen di era digital.

“Kita mengetahui bahwa penyesuaian kebijakan teknologi yang cepat harus menjadi langkah yang harus segera diambil pemerintah Indonesia. Dimana, konsumen di seluruh dunia juga mengalami perubahan yang cepat,” kata Ardiansyah.

Menurut dia, transformasi digital memberikan teknologi baru, model bisnis, transaksi hingga beragam barang dan jasa yang inovatif. Dengan perubahan yang cukup signifikan dan cepat harus diantisipasi agar dapat melindungi segenap konsumen nasional.

“Ke depannya BPKN akan mengembangkan Online Dispute Resolution (ODR). ODR ini tampaknya merupakan suatu solusi yang segera dibangun (dikembangkan) pemerintah atas inisiatif masukan dari BPKN.”

ODR merupakan suatu cara penyelesaian sengketa yang dilakukan melalui media internet. Proses penyelesaiannya dilakukan oleh para pihak terkait tanpa harus bertatap muka.

Indonesia, kata dia, mau tidak mau harus memiliki ODR. BPKN selaku badan terkait sedang mengkaji, mempelajari dan mendesain konsep ODR yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan Indonesia.

“ODR secara otomatik sebenarnya bisa menyelesaikan persoalan-persoalan atau sengketa sederhana tanpa perlu tatap muka dan itu bisa diselesaikan di situ.”

Dengan adanya ODR, tambah Ardiansyah, ke depannya akan bisa mengetahui sebuah perusahaan yang tidak merespon kasus yang melibatkan mereka. Kemudian, perusahaan tersebut akan masuk kedalam daftar prioritas pengawasan terkait dalam hal ini BPKN.

“Dalam PP e-Commerce mereka yang dirugikan boleh melapor kepada menteri. Tetapi, tidak bisa langsung menteri meresponsnya. Sebab itu, disediakan sistem yang disebut sistem ODR. Sehingga, kita bisa melihat respon para pihak terkait untuk menjawab persoalan yang muncul.” (Faisal)

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Almarhum Ciputra Dinilai Sebagai Maestro Properti Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Indonesia: Dari Nol Hingga Menjadi Miliuner. Mulai Ciputra Hingga William Tanuwijaya

September 18, 2023
Apa itu Netiket ?

Dampak Tidak Beretika di Media Digital

July 28, 2021
Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

Manfaat Teknologi Digital bagi Anak

August 27, 2021
Bangun Masyarakat Digital yang Beradab

Perubahan Perilaku Masyarakat Era Digital

October 31, 2021
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

0
Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

Awal Pekan Rupiah Bergerak Menguat

0
Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Tiket Mahal, Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

0
Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Presiden Jokowi Optimis Sektor Pariwisata bisa Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

0
Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025
Ini Rangkaian Kegiatan Kunker Mendag Agus Suparmanto di Makassar

Novi Helmy Kembali ke TNI, Prihasto Ditunjuk Pimpin Sementara Bulog

July 4, 2025
Ilustrasi/Net

Prabowo Tunjuk Pramudya Pimpin BPJS Ketenagakerjaan, Janji Perluas Perlindungan Pekerja

July 4, 2025

Recent News

Kesiapan XL Axiata Jelang Natal & Tahun Baru

Menkomdigi Dorong Pengembangan AI yang Inklusif dan Bermanfaat untuk Masyarakat

July 4, 2025
Duh! Emiten Ini Pailit, Mayoritas Sahamnya Dimiliki Ritel

Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Akan Stock Split, Ini Dampaknya Bagi Investor

July 4, 2025

Categories

  • Agrobisnis
  • Asuransi
  • Bisnis
  • CEO
  • CSR
  • Foto
  • Investasi
  • lifestyle
  • Migas
  • News
  • Opini
  • otomotif
  • Perbankan
  • persona
  • Rubrik
  • teknologi
  • tips
  • Tokoh
  • Uncategorized
  • Wawancara
  • Wirausaha

Site Navigation

  • Tentang Kami
  • Home
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Privacy & Policy
  • Tokoh
  • Wawancara
  • Asuransi
Info Bisnis id

Referensi utama seputar bisnis terkini

© 2019 infobisnis.id

No Result
View All Result
  • Home
  • Investasi
  • News
  • Wirausaha
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Tips
  • Persona
    • Tokoh
    • Opini
    • Wawancara
  • Foto
  • Asuransi

© 2019 infobisnis.id

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In